Kapal Patroli Cepat Buatan Dalam Negeri di Resmikan Kasal

Barisan peserta upacara peresmian kapal patroli cepat TNI AL di Dermaga Batu Ampar Batam

BATAM, Kepritoday.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI. Ade Supandi SE,M.A.P, selaku Inspektur Upacara (Irup) meresmikan dan mengukuhkan tiga kapal patroli cepat 40M produksi dalam negeri di Dermaga Batu Ampar Batam, pada hari selasa (10/01/2017). Adapun ketiga kapal cepat itu adalah, KRI Tahitu-853, KRI Layaran-854, dan KRI Madidihang-855.

Ketiga kapal patroli ini adalah produksi PT. Palindo Marine Shipyard, selanjutnya akan di proyeksikan untuk memperkuat Satuan Kapal Patroli TNI AL, kapal ini di persenjatai senapan mesin kaliber 12,7mm dan akan di pasang meriam kaliber 20mm serta memiliki panjang keseluruhan 45,5m dan lebar 7,9m kecepatan maximal 24 knot, kapasitas bahan bakar 70,000 liter endurance selama 6 hari.

KRI Tahitu-853, KRI Layaran-854, dan KRI Madidihang-855 sebagai hasil produksi dalam negeri telah membuktikan bahwa industri pertahanan memiliki kemampuan untuk mendukung program pemerintah sekaligus membangun kemandirian nasional bidang teknologi pengembangan Alutsista TNI.

Adapun beberapa kemampuan dari ketiga kapal ini diantaranya, adalah mampu melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, operasi patroli laut, dan operasi Search and Rescue (SAR).

Rangkaian kegiatan di awali dengan sambutan Direktur Palindo Marina Shipyard, dilanjutkan dengan penandatanganan protocol of delivery dari Direktur PT. Palindo Hermanto, kepada Kadisadal Laksma TNI Prasetya Nugraha S.T, Kadisadal Aslog Kasal TNI Mulyadi S.P.,M.A.P dan dari Aslog Kasal kepada Pangamatim Laksda Darwanto SH.,M.A.P kemudian di lanjutkan penyerahan maket kapal dari Dirut Palindo kepada Kasal.

Upacara peresmian ditandai dengan pernyataan Irup dan penekanan tombol sirine, penaikan ular-ular perang, gauk kapal bunyi, dan terbukanya selubung nama KRI.

Undangan yang hadir dalam acara peresmian KRI, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Danlanal Batam, Dirpolair Polda Kepri, Danrem 033 WP,Gubernur Kepri, Danyonif Marinir 10 Setokoh, Danyonif Rider 136/TS, Dandim 0316 Batam, Pemko Batam, Bakamla RI, Kepala PSDKP Batam, media cetak, online dan elektronik.

Selain itu dari upacara tersebut juga di laksanakan pengukuhan komandan ketiga kapal tersebut, seusai upacara di lanjutkan dengan peninjauan KRI Layaran-854, penandatanganan prasasti, serta pemotongan pita.

Nama Tahitu, Layaran, Madidihang di ambil dari nama ikan yang ada di Indonesia, ketiganya di kenal dengan perenang cepat dan gesit di laut, sehingga di harapkan mampu bermanuver dengan cepat dan gesit dalam mengemban tugas menjaga kedaulatan negara. (And/Osr)

Top