Kantor Imigrasi Batam Dalam Peningkatan Pelayanan Akan Berlakukan Autogate TPI

Kepala Imigrasi Batam

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam, Erna Yunanti Murni.

BATAM, Kepritoday.com – Kantor Imigrasi kelas 1 khusus Batam, kini memperbaiki pelayanannya, setiap pemohon paspor harus menggunakan sistem nomor antrian, artinya, sambil menunggu proses permohonan di panggil, pemohon bisa mendapatkan layanan melalui Layanan Pesan Singkat (SMS) sambil menunggu daftar antriannya dipanggil .

Selain itu dalam waktu dekat, di Kota Batam akan segera di berlakukan sistem Autogate Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Pelabuhan Batam Centre.

Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yaitu, tempat pemeriksaan oleh Petugas Imigrasi terhadap penumpang yang akan berangkat keluar negeri atau bagi penumpang yang datang dari luar negeri, baik itu Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). Pemeriksaan tersebut meliputi kelengkapan Dokumen Perjalanan (Paspor) serta Pemeriksaan atau pengecekan yang berhubungan dengan Keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam, Erna Yunanti Murni, ketika ditemui media ini di ruang kerjanya mengatakan, Sistem Autogate ini akan mempermudah, khususnya pemegang Paspor Republik Indonesia, saat berada di Tempat Pemeriksaan Imigrasi, dapat mengurangi antrian panjang, karena, sistem Autogate yang akan diberlakukan dipelabuhan Batam Centre ini, hanya cukup dengan scan paspor dan sidik jari.

“ Rencananya kalau berkenan Bapak Menteri Hukum dan HAM akan datang untuk meresmikan nya ”. Imbuh Erna.

Para petugas Imigrasi sudah terlatih dalam pengecekkan setiap permohonan paspor untuk melindungi Warga Negara Indonesia yang akan berangkat keluar negeri, jika lengkap semua dokumen bisa segera diproses, dan paspor akan siap dalam waktu 3 hari jika tidak ada kendala.

Kantor Imigrasi Batam, sejak tahun lalu memberlakukan tarif baru untuk kepengurusan paspor 48 halaman sesuai dengan peraturan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) nomor 45. Tahun 2014.

Peningkatan pemohon paspor di Batam terjadi pada bulan Juli dan Desember setiap tahun nya, karena liburan sekolah dan akhir tahun. Diperkirakan rata-rata, setiap bulan terdapat lebih kurang 5000 pemohon paspor .

Kota Batam yang berdekatan dengan Negara tetangga, Singapura dan Malaysia serta banyak juga Tenaga Kerja Asing yang bekerja disini dihimbau, bagi para pengusaha yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing tersebut untuk dapat melaporkan diri dan juga kerjasamanya kepada pihak terkait. Demikian harap Erna, menutup pembicaraannya. (Oscar)

 

One thought on “Kantor Imigrasi Batam Dalam Peningkatan Pelayanan Akan Berlakukan Autogate TPI

Comments are closed.

Top