Kankemenag Buka Kegiatan Manasik Haji

Kepala Kankemenag Padangpariaman, H. Helmi menyampaikan sambutan pada kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Padang Pariaman di Masjid Jihad, Kabun, Nagari Pauh Kamba.

Padang Pariaman, Kepritoday.com – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Padang Pariaman, H. Helmi, Senin (10/7) membuka secara resmi kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Padang Pariaman di Masjid Jihad, Kabun, Nagari Pauh Kamba, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kakankemenag Kabupaten Padang Pariaman yang mengambil tema “Dengan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten, kita wujudkan jamaah haji mandiri dan kesalehan sosial” yang diiikuti oleh 249 orang Jamaah Calon Haji (JCH) yang berasal dari Kabupaten Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kakankemenag Kabupaten Padang Pariaman, H. Helmi, menghimbau peserta JCH Kabupaten Padang Pariaman agar lebih memperhatian dan menjaga kesehatan serta mengutamakan ibadah selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

“Perhatikan kebersihan makanan dan minuman selama berada di tanah suci dan perhatikan juga jenis-jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi. Sebaiknya kita membawa bekal air mineral selama perjalanan karena perjalanan antara Mekkah dan Madinah pasti akan membutuhkan energi lebih,” katanya.

Selain itu, lanjut H. Helmi, JCH harus memperhatikan penyakit yang telah dialami sebelum berangkat ke tanah suci. Periksakan diri dan kondisi terakhir sebelum berangkat, konsultasikan juga pada dokter agar bisa memberi saran untuk menghindarkan terjadinya kemungkinan komplikasi atau penyakit kambuh.

“Beritahukan juga kondisi kita pada ketua kelompok agar dapat waspada dengan berbagai kemungkinan,” tegas Mantan Pymt Kankemenag Kota Pariaman tersebut.

Terakhir ia meminta agar JCH Padang Pariaman melakukan istirahatlah yang cukup. Jamaah haji membutuhkan stamina yang baik untuk dapat menyelesaikan berbagai rangkaian ibadah haji.

“Fokuskan untuk ibadah dan kurangi jalan-jalan serta belanja jika stamina tidak memungkinkan,” tutupnya.
Ditempat yang sama, Kepala Seksi PHU Kakankemenag Padang Pariaman, Syaiful Azhar mengatakan, kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Padang Pariaman dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 10-11 Juli 2017 dengan peserta sebanyak 70 orang JCH laki-laki dan 179 orang JCH perempuan.

“Pada keberangkatan musim haji tahun 2017 ini, JCH Kabupaten Padang Pariaman tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 15 Padang” terang mantan Kasubbag TU Kakankemenag Kabupaten Padang Pariaman tersebut.

Bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Padang Pariaman itu juga dihadiri oleh Ketua Kloter 15, Masdan, Pembimbing Ibadah, Dedi Wandra, TPHD Padang Pariaman, Baharuddin dan Perawat JCH Padang Pariaman, Yuswita serta panitia yang terdiri dari Yusmanidar, Yufni Faisol, Mudawar, Mirsa Witra, Syaribul Haji, Desmiwarnita dan Azwirman. (Dodoyx).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top