Kakan Kemenag Padang Pariaman, Lepas Keberangkatan PPMN Tahun 2016

lepas peserta ppnm

Kakankemenag Padang Pariaman, H. Masrican, Tk. Maharajo Basa (enam dari kiri) ketika melepas Suryadi Herlis untuk mengikuti PPNM tingkat Nasional di Maluku.

PADANG PARIAMAN, Kepritoday.com – Kepala Kantor Kemenag Padang Pariaman, Drs. H. Masrican, Tk. Maharajo Basa didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Yurdinal, S.Ag, MA, Senin (23/05) melepas secara resmi keberangkatan Suryadi Herlis untuk mengikuti Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) tahun 2016 di Pantai Hunimua, Desa Liang, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

PPMN tingkat penggalang yang diikuti oleh MTs se-Indonesia tersebut dilaksanakan 24-28 Mei 2016 dengan kegiatan perkemahan shalat berjamaah, kultum, tadarus Al Quran, dzikir dan pengajian akbar.

Disamping itu juga ada kegiatan seni budaya, meliputi gelar seni budaya nusantara dan festival permainan rakyat serta malam Bhineka Tunggal Ika dan Karnaval Nusantara. Sementara kegiatan prestasi meliputi, lomba pentas seni budaya, lomba K3 tenda dan lingkungan, lomba Paskibra Madrasah, lomba yel yel madrasah dan lomba mars serta hymne madrasah dan festival permainan tradisional edukatif Islam.

“Kegiatan PPMN merupakan iven strategis untuk mewujudkan komitmen Kemenag dalam merevitalisasi gerakan Pramuka di Indonesia,” kata Drs. H. Masrican, Tk. Maharajo Basa.
Menurut H. Masrican, tujuan PPMN adalah untuk menumbuhkan nilai-nilai dan semangat nasionalisme, patriotisme dan bela negara di kalangan Pramuka Madrasah.

Selain itu, juga sebagai sarana silaturahmi dan meneguhkan Ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah dan Basyariah dalam memperkuat gerakan Pramuka di Madrasah serta menumbuhkan kesadaran disiplin hidup dan kepedulian sosial di lingkungan masyarakat.

“Selain itu, gerakan pramuka di lingkungan madrasah adalah penataan paradigma pengembangan gerakan Pramuka Madrasah, penguatan kelembagaan, optimalisasi program dan kegiatan kepramukaan serta penguatan jaringan kerjasama bagi pengembangan gerakan pramuka di lingkungan madrasah,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, H. Yurdinal, S.Ag, MA, mengatakan, Suryadi Herlis merupakan siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kepala Hilalang, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Ia merupakan satu dari 16 orang utusan dari Provinsi Sumatera Barat untuk mengikuti PPMN di Provinsi Maluku.

“Semoga Suryadi Herlis sukses dan berhasil pada PPMN dan bisa membawa harum nama Padang Pariaman, umumnya Sumatera Barat di bidang kepramukaan dan bisa menjadi contoh bagi siswa/siswi madrasah se-Kabupaten Pariaman,” ungkapnya. (dodoyx)