Jadikan Madrasah Sekolah Favorit Bagi Masyarakat

madrasah bintan

Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah di Agro Bintan Beach Hotel. Rabu (28/5)/ poto:istimewa

BINTAN, Kepritoday.com – Kepala Bidang Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Kepri, Abu Sofyan, S.Ag, buka Rapat Koordinasi Bidang Madrasah, di Agro Bintan Beach Hotel. Rabu (28/5).

Rakor tersebut diikuti 65 orang peserta, terdiri dari, Kepala Kantor dan Kepala seksi pendis Kankemenag kab/kota se Kepri, Kepala madrasah negeri maupun swasta, pengawas pendidikan madrasah, dan perwakilan dari Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kab/Kota.

Dikatakan Abu Sofyan, saat ini dibutuhkan strategis yang tepat untuk kemajuan madrasah yang ada di Kepri. Ini bertujuan agar madrasah-madrasah menjadi lebih unggul dan profesional serta menjadi sekolah favorit bagi masyarakat banyak.

”Tahun ini merupakan tahun akhir dari pelaksanaan program yang telah dirancang selama lima tahun belakang. Karena itu dibutuhkan evaluasi menyeluruh dari hasil yang telah dicapai oleh madrasah-madrasah yang berada di lingkungan Kemenag Wilayah Kepri,” Abu Sufyan.

”Selain sebagai tahun akhir masa pemerintahan sekarang, kegiatan ini sekaligus awal dari penyusunan program untuk masa 5 tahun kedepan. Karena itu dibutuhkan rancangan strategis yang tepat untuk kemajuan madrasah-madrasah  di Kepri,” sambung Abu Sufyan.

Sementara, Muhammad Sulaiman, SH Ketua Panitia mengatakan, salah satu tujuan dari rakor itu adalah agar semua pihak yang terlibat penyelanggaraan bidang pendidikan madrasah bisa menginventarisir permasalahan yang ada, seperti, masalah NUPTK, sarana dan prasarana, disiplin waktu kerja guru PNS dan sertifikasi. Lalu, lanjut Sulaiman, dicarikan solusi dari masalah tersebut. Selain itu, sambungnya, kegiatan tersebut juga untuk memberikan landasan bagi para stakeholder di seksi pendis kab/kota untuk mengambil kebijakan kedepan,

Rakor tersebut lebih difokuskan pada diskusi kelompok. Oleh sebab itu panitia membagi peserta dalam lima kelompok dan masing-masing kelompok akan membahas rencana kerja 5 tahun kedepan. (Edison/hk)