'

Inventarisir Mesjid, Banyak Tpa/Tpq Yang Belum Terdaftar

lis-sfari-ramadhan

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Setelah dilakukan inventarisir dan verifikasi mesjid sejak tahun 2013 lalu, banyak dijumpai TPA/TPQ yang belum terdaftar sementara jumlah gurunya sudah lebih dari 1.000 orang. Demikian disampaikan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah saat melakukan safari Ramadhan di Mesjid An Nur Jalan Pramuka Lr. Buru, Minggu (6/7).

Hal tersebut diketahui saat dilakukan inventarisasi dan verifikasi mesjid yang bangunannya belum layak. Ternyata bukan hanya mesjid saja, tetapi banyak TPA/TPQ yang belum terdaftar, sementara TPA/TPQ sudah menjamur dimana-mana dan tidak semua bangunannya layak mengingat banyaknya murid.

“Itulah sebabnya kenapa banyak guru TPA/TPQ yang belum mendapat bantuan honor dari pemerintah, karena memang belum terdaftar.” Kata Lis. “TPA/TPQ di Kota Tanjungpinang jumlahnya sangat banyak, ada yang 1 RT memiliki lebih dari 1 TPA. Gampang mendirikannya tapi tidak memperhatikan kesejahteraan gurunya. Makanya honornya kecil, sementara muridnya banyak. Ini yang harus kita benahi.” Katanya lagi.

Menanggapi hal tersebut, sebagai langkah antisipasi agar anak-anak yang belajar di TPA/TPQ tersebut tidak terbengkalai, tahun 2014 ini Pemko akan melakukan inventarisasi dan verifikasi kembali mana TPA/TPQ yang layak dan mana yang tidak. “Ini untuk kesejahteraan gurunya juga. Saya lihat masih ada guru yang honornya kecil sementara siswanya banyak dan ruangan kelasnya tidak memadai. Kasihan ‘kan…ya gurunya, ya muridnya.” Ujar Lis.

Lebih lanjut dikatakan Lis, untuk dana bantuan mesjid tahun 2014 ini akan dibayarkan sesudah pelaksanaan Pemilu. Alasannya, ia tidak ingin bantuan yang diberikan dipolitisir oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab mengingat tahun 2014 adalah memang tahun politik. “Lebih dari 80 mesjid/surau/mushalla yang akan menerima bantuan, termasuk TPA/TPQ nya.” Katanya.

Dalam kesempatan safari Ramadhan tersebut, tak lupa Lis juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar memnggunakan hak pilihnya pada pilpres 9 Juli mendatang mengingat waktu pelaksanaannya hanya tinggal 3 hari lagi. “Satu suara saja itu bisa menentukan nasib bangsa kita ini. karena dengan berpartisipasi aktif dalam menggunakan hak suara, berarti kita peduli akan kemajuan bangsa kita.” Ujar Lis mengingatkan. (djo/hum)

Top