Imigrasi Batam Permudah Izin Pengurusan Passport Berbasis Aplikasi Whatsapp

Kepala Imigrasi kelas I Khusus Batam,Lucky Agung Bunarto saat memberikan keterangan persnya kepada awak media (05/09/2017).

BATAM, Kepritoday.com – Kantor Imigrasi kelas I Khusus Batam guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada publik,saat ini ada kemudahan dalam kepengurusan passport yaitu  system layanan berbasis aplikasi. Layanan ini tentunya mengantisipasi dari percaloan.

Menurut Kepala Imigrasi kelas I Khusus Batam,Lucky Agung Bunarto mengatakan,”Layanan ini adalah layanan antrian pertama di Indonesia dan sudah mulai sejak tanggal 19 Juni 2017 sehingga tidak ada lagi antrian konvensional tetapi mendaftar melalui aplikasi Whatsapp yang hampir semua masyarakat memilikinya,”

“Dalam hal ini,kami sudah mencari solusi jalan pemecahannya yang memang ini media sosial terkait antrian yang katanya harus datang dini hari, banyaknya calo antrian yang menawarkan jasanya hingga dugaan penjualan nomor antrian,”kata Lucky,saat konferensi pers pada hari Selasa  (05/09/2017).

Menurut Kepala Bidang Lalintuskim, Feddy M.P, mengatakan bahwa layanan ini berlaku bagi semua pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas l Khusus Batam kecuali untuk pengurusan penggantian paspor hilang, rusak, atau perubahan data.

“Sangat mudah dan cepat tanpa harus datang dini hari dan mengantri lama dan yang pasti layanan bebas dari calo.Untuk pemohon paspor Calon Tenaga Kerja Indonesia(CTKI) , yang sakit atau lansia bisa datang langsung dan akan kami layani,”terangnya.

Mulai Senin, tanggal 11 September 2017 nanti, kantor imigrasi akan melayani pendaftaran 3(tiga) hari kedepan. Jadi kesempatan untuk mendaftar nomor antrian akan lebih besar dan bagi yang belum mendapatkan nomor antrian agar mencoba lebih awal lagi karena setiap hari jumlah pendaftar yang masuk selalu diatas 500 pemohon.

Kebijakan baru yang di keluarkan Imigrasi kelas I Batam adalah Layanan Antrian via Whatsapp atau LAW. Bagaimana caranya layanan baru ini ? Bagi pemohon pengurusan passport cukup mengirim pesan ke nomor 082288862017 ketik NAMA#TGL.LAHIR#ALAMAT + FOTO EKTP. Selanjutnya system akan mengirim jawaban nomor antrian,waktu,dan dokumen apa saja yang di perlukan.

Tahapan selanjutnya,pemohon datang 30 menit sebelum waktu yang ditentukan dan memperlihatkan ke petugas keamanan jawaban WhatsApp yang diterima,pemohon menuju ke Loket Pra permohonan untuk dicek kelengkapan dokumen,dan pemohon diberi formulir untuk diisi dan menunggu untuk proses wawancara. (Oscar/Tri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top