Hypermart Nagoya Hill dan PT. Batam Frozen Food di Sidak KPPU Batam

Saat Sidak KPPU Batam di Nagoya Hill Shopping Mall didampingi Manajemen Hypermart dan Disperindag Pemko Batam.

BATAM, Kepritoday.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Daerah Batam dan Disperindag Pemko Batam melakukan kegiatan Inspeksi Mendadak (Sidak),ke dua tempat berbeda yaitu ke gudang PT.Batam Frozen Food selaku distributor daging sapi impor untuk kebutuhan pasar di Batam,dan Hypermart Nagoya Shopping Mall.

Sidak ini bertujuan untuk memantau serta  mengantisipasi terjadinya lonjakan harga pasar menjelang bulan Ramadhan yang tinggal beberapa minggu lagi.

Sidak KPPU Batam ini didampingi oleh Disperindag kota Batam beserta awak media,tim sidak yang berjumlah sembilan orang ini sebelumnya mendatangi PT.Frozen distributor daging sapi asal Australia tersebut.

Menurut Lukman Sungkar selaku Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Batam menjelaskan kepada awak media bahwa,”Kegiatan yang kami lakukan bekerjasama dengan Disperindag kota Batam merupakan instruksi dari Presiden melalui Kementerian Perdagangan untuk menjamin tiga bahan komoditas seperti gula, minyak goreng,dan daging yang sudah diatur HET nya agar sampai ke konsumen tidak melebihi batas harga yang sudah ditetapkan,”

“Untuk bulan puasa hingga lebaran dijamin kebutuhan pasar akan aman,” kata Lukman saat meminta keterangan dari manajemen PT.Batam Frozen Food.

“Untuk saat ini harga masih stabil dan instruksi dari Presiden sudah berjalan baik,walau demikian tetap akan dilakukan evaluasi pasar lagi supaya tidak terjadi kenaikan harga saat bulan suci Ramadhan tiba,”kata Lukman.

“Untuk harga ke tingkat konsumen adalah Rp.80,000 perkilogram sedangkan untuk gula pasir harga sampai ke konsumen harus diposisi harga Rp.12,500 perkilogram,”jelas Lukman saat memberikan keterangan persnya di gudang PT.Batam Frozen’ Food, Kamis (04/05/2017) siang hari.

Sedangkan untuk minyak goreng harus sampai ke konsumen di harga Rp.11,000 perliter nya dalam bentuk kemasan sederhana,”terangnya.

Setelah selesai sidak di gudang PT.Batam Frozen’ Food,Tim sidak dilanjutkan ke Hypermart Nagoya Shopping Mall Batam untuk melakukan peninjauan harga pangan di ritel modern.

“Diharapkan dari instruksi yang sudah dibuat oleh Kementerian Perdagangan supaya dari tiga komoditas (gula pasir,minyak goreng, daging) harus sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan.”kata Lukman mengakhiri pembicaraan. (Andri/Oscar).