HKN Ke 53 Kota Batam, Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku

BATAM, Kepritoday.com – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 tahun 2017 di Kota Batam, sebagaimana peringatan HKN di pemeriintah pusat khususnya Kementerian Kesehatan, melakukan berbagai kegiatan yang mengikutsertakan seluruh insan kesehatan maupun masyarakat.

Tema HKN tahun ini adalah Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku, secara semarak diperingati di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Batam.

Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Kita tahu bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu,”kata Asep Zainal Mustofa,selaku Kepala Bapelkes Kota Batam.

“Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang,”ungkapnya.

“Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada
masyarakat khususnya di lingkungan keluarga,”kata Asep. Sabtu,(11/11/2017)

Asep menambahkan,Program lain yang didorong adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan GERMAS, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

“Dengan mendorong Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS, kita
berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggitinginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,”imbuhnya.

“Peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia,”jelasnya.

“Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan,” kata Asep.

“Marilah kita sama-sama mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan
Keluarga. Mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia Sehat dapat diwujudkan
melalui keluarga-keluarga yang sehat, sehingga membentuk masyarakat sehat,”terangnya.

“Mari berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat teratur,bsayur dan buah, serta senantiasa berolah raga atau melakukan aktivitas fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.”kata Asep.

Untuk memeriahkan peringatan HKN di Kota Batam tahun ini, antara lain:

1.Bulan deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim Pemeriksaan Inspeksi Vagina dengan Asam Aseta (IVA) untuk deteksi dini kanker leher Rahim bagi wanita sudah menikah atau pernah melakukan kontak seksual dan tidak dalam keadaan hamil.

Dilakukan serentak di setiap Puskesmas dan akan diawali dengan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri ( Sadari ) dan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadanis ) yang dilakukan bersama-sama dengan mengikutsertakan Dharma Wanita di setiap satuan kerja.

Sebanyak 1.134 orang diperisa selama Bulan Oktober 2017, yang tersebar di 17 Puskesmas se kota Batam. Gambaran kegiatan secara khusus dilaksanakan, sebagai berikut:

a. Tanggal 16-17 Oktober 2017, BTKLPP Batam dan Dharma Wanita BTKLPP Batam di Puskesmas Sei Lekop

b. Tanggal 23 Oktober 2017, Bapelkes Batam dan Dharma Wanita Bapelkes Batam di Puskesmas Tiban, Total diperiksa 86 orang.

c. Tanggal 23 Oktober 2017, Bapelkes Batam dan Dharma Wanita Bapelkes Batam di Puskesmas Tiban, Total diperiksa 86 orang.

d. Tanggal 25 Oktober 2017, Bapelkes Batam dan Dharma Wanita Bapelkes Batam di Puskesmas Tiban, Total diperiksa 86 orang.

e.Tanggal 16-17 Oktober 2017, Dharma Wanita Kementerian Keuangan, di Puskesmas Botania. Total diperiksa 56 orang

2. Pengabdian Masyarakat:

a.Tanggal 16-21 Oktober 2017, Kajian Faktor Risikeo, pencegahan dan pengendalian Filariasis
dan kecacingan pada anak SD Kelas 3,4,5 di Kabupaten Natuna, oleh BTKLPP Batam.

b.Tanggal 21 Oktober 2017, Penyuluhan tentang obat illegal PCC dengan DAGUSIBU, IAI, di SD IT Almujahiddin oleh 25 orang penyuluh dengan jumlah peserta murid sebanyak 150 orang dan Guru 15 orang.

c.Tanggal 27 Oktober 2017 Bakti Sosial RS Budi Kemuliaan, di Puskesmas Belakang Padang, oleh 10 orang Dokter umum dan 1 Bidan dengan jumlah peserta 160 orang.

d.Tanggal 23-26 Oktober 2017, Diklat Mikroskopis TB Paru di BTKLPP Batam.

e.Tanggal 26 Oktober 2017, Deteksi Dini Faktor Risiko TB di Lapas Kelas II Barelang, oleh BTKLPP Batam.

f. Tanggal 28 Oktober 2017, Seminar Nasinal dan Workshop Kefarmasiaan Hisfari Kepri, oleh IAI, 190 orang, di Bapelkes Batam

3. Pertandingan/Perlombaan antar instansi berupa pertandingan/perlombaan berupa Lomba Senam Germas, pertandingan Bola Volley, Bulu Tangkis, Tenis Mej, Futsal, Catur dan Domino

4. Pertandingan/Perlombaan antar Perguruan Tinggi, SMA dan SMP, berupa Lomba Cepat Tepat, Penyuluhan, Hand Hygiene dan lomba Melukis.

5. Melaksanakan acara puncak HKN dengan melibatkan masyarakat untuk mengikuti Gerak Jalan Sehat, Senam Germas dan Senam Maumere, dan dimeriahkan pula dengan pemeriksaan kesehatan Gratis seperti pemeriksaan tensi gratis, pemeriksaan golongan darah, donor darah, dan lain sebagainya. (Tri/Budi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *