H. Helmi Jalani Ujian Promosi Doktor Pasca Sarjana UIN IB Padang

DR. H. Helmi, .Ag berpose usai ujian promosi doktor di Ruang Auditorium Pascasarjana UIN IB Padang.

PADANGPARIAMAN, Kepritoday.com – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Padangpariaman, Drs. H. Helmi, M.Ag, Kamis (15/2), menjalani Ujian Promosi Doktor di Ruang Auditorium Pascasarjana UIN IB Padang.

H. Helmi merupakan Doktor (DR) ke-80 yang mengikuti ujian promosi selama UIN IB Padang berdiri. Ia mengambil Prodi Doktor Pendidikan Islam dengan NIM 88314248 dan judul disertasi “Pengembangan Model Pengelolaan Pendidikan Islam Berorientasi Life Skill di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Pakandangan Kabupaten Padangpariaman.

Ujian dilaksanakan dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB dengan dosen penguji satu/ketua, Dr. Eka Putra Wirman, Lc, M.A,
Penguji dua/sekretaris, Prof. Dr. Awis Karni, M. Ag, Penguji tiga sampai tujuh adalah Prof. Dr. Kasman Rukun, M. Pd, Prof. Dr. Asnawir, Prof. Dr. Zulmuqim, M.A, Prof. Dr. Syafruddin Nurdin, M.Pd dan Prof. Dr. Duski Samad, M.Ag.

“Alhamdulillah, setelah tim penguji menyelesaikan sidang, kita dinyatakan lulus dengan predikat ‘sangat memuaskan’,” ungkap Mantan Pymt Kankemenag Kota Pariaman ini dengan wajah berseri.

H. Helmi merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman, selama kepemimpinanya hingga sekarang, ia melakukan berbagai perubahan di lingkungan Kankemenag Padangpariaman.
Misalnya, setiap Jumat minggu pertama dan kedua, ASN diwajibkan mengikuti wirid. Sedangkan pada Jumat minggu ketiga, ia mengharuskan para ASN untuk mempelancar membaca Al Quran yang dikenal dengan nama Tahsinul Quran.
Alumni  Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Batang Kabung Padang ini, juga mewajibkan pegawainya untuk mengikuti membaca kitab kuning yang dikenal dengan Kiraatul Kitab.

Laki-laki  kelahiran  Bungus, Teluk Kabung Kota Padang ini, sebelum belajar di Ponpes MTI Batang Kabung, juga pernah belajar di Pondok Pesantren Ampalu Bungus dimana pimpinan pondok masih dari keluarga Helmi.
Pada tahun 1989, Helmi melanjutkan pendidikannya keperguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol (IB) Padang (sekarang UIN) pada Fakultas Dakwah dan berhasil menamatkannya 1993.

“Alhamdulillah, saya bisa selesai empat tahun,” ujar H. Helmi yang baru menyandang gelar Doktor itu.

Setelah lulus di Fakultas Dakwah, Helmi pernah menjadi Asisten dosen, Prof. Dr. H. Nazar Bakry dengan bidang studi Ushul Fiqih dan Asisten dosen Dra. Hj. Meliyarni Rusli, M.Ag bidang studi Jurnalistik.

Kemudian  pada tahun 1995, berhasil lulus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ditempatkan di Kantor Depag Kabupaten Padangpariaman.
H. Helmi disamping bertugas sebagai PNS, pernah juga aktif di dunia kewartawanan beberapa tahun sebagai wartawan Harian Semangat untuk Kabupaten Padangpariaman.

Menurut Helmi bekerja sebagai wartawan cukup menyenangkan dan kalau dalam Ilmu Dakwah, wartawan bisa juga disebut dengan juru dakwah.

“Pekerjaan menjadi wartawan merupakan pekerjaan yang mulia dan kalau ingin dikenal dan terkenal memang harus ada karya kita berbetuk tulisan dan itulah yang disebut wartawan,” ucap Helmi.

Laki-laki  yang tidak suka dengan neka neko ini, mengaku pernah juga ditugas ke Pulau Mentawai dan diberi amanah sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sipora selama tiga tahun, ketika Pulau Mentawai masih masuk wilayah Kabupaten Padangpariaman.

Setelah  ditarik lagi ke Kantor Departemen Agama (Depag) Padang Pariaman, masa dulunya pada tahun 2003, ia melanjutkan lagi pendidikannya kejejang Pasca Sarjana (S2) di UIN Imam Bonjol Padang,

“Alhamdulillah, pada tahun 2005 diwisuda dengan yudicium memuaskan,” tutup rang sumando Kota Pariaman ini. (Doyx)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top