Gubernur Halal Bihalal Bersama Petani Wacopek

* Serahkan Bantuan Alat Penunjang Pertanian

Gubernur menyerahkan bantuan berupa alat mesin penunjang pertanian kepada para petani yang berada di kawasan Wacopek.

BINTAN, Kepritoday.com – Gubernur Kepulauan Riau, H. Nurdin Basirun melakukan kegiatan halal bihalal bersama masyarakat petani di Wacopek, Kabupaten Bintan, Jumat (07/07). Pada kesempatan inj Gubernur menyerahkan bantuan berupa alat mesin penunjang pertanian kepada para petani yang berada di kawasan Wacopek.

Dalam kesempatan ini Gubernur mengatakan bahwa keberagaman yang dimiliki Kepulauan Riau saat ini harus dimanfaatkan dengan maksimal. Dan Nurdin mencontohkan Kabupaten Bintan, selain potensi wisatanya di Lagoi, Trikora dan beberapa kawasan lainnya. Bintan juga memiliki potensi dibidang pertanian.

“Keberagaman tersebut harus pandai kita olah dengan benar. Jika memang lokasi ini cocok untuk pertanian maka kembangkan dengan maksimal, kami pihak pemerintah siap mendukung penuh jika memang bertujuan untuk pembangunan,” kata Nurdin dalam sambutannya.

Dilanjutkan Nurdin,  saat inilah Kepri harus mulai bisa menghasilkan sendiri bahan-bahan pokok kebutuhan masyarakat, sehingga bisa mandiri dan menikmati hasilnya. Dan hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.

“Peran semua elemen masyarakat sangat penting. Nelayan maupun petani sama saja, mereka memiliki porsinya masing-masing maka tugas pemerintah lah yang mengakomodir kebutuhan yang menjadi penunjang keberhasilan mereka dalam menjalankan tugasnya itu,” janji Nudin.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Ahmad Izhar  mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan pihak Pemerintah Provinsi Kepri oleh Gubernur antara lain 5 unit traktor capung, 6 unit hand traktor sedang, 1 unit traktor besar dan 1 unit beholder.

“Semua bantuan yang diberikan ini berasal dari APBD Tahun 2017, diharapkan dengan bantuan yang tersalurkan ini dapat berguna dan bermanfaat diatas tanah pertanian di wacopek yang seluas 15 hektar ini,” ujar Ahmad Izhar.

Pada kesempatan ini Gubernur juga melakukan penandatangan MoU Penanaman perdana kluster pertanian hortikultura terintergrasi yang merupakan kerja sama antara Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kabupaten Bintan dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Disamping itu juga Gubernur menyaksikan penyerahan bantuan dana operasional sebesar Rp500 juta yang akan diberikan kepada para petani Kelompok Sumber Makmur yang ada di kawasan Wacopek.

Acara sendiri ditutup dengan penanaman secara simbolis bibit cabe dilahan seluas 800 m2 kemudian dilanjutkan dengan halal bihalal.

Pada kesempatan ini Gubernur juga mendapatkan cinderamata dari pihak panitia dengan pemberian tumpeng peringatan hari ulang tahunnya.

Para petani pun tak lupa memberikan cinderamata berupa tokoh wayang kulit Prabu Kesno, yang dalam filosofi jawa menggambarkan sosok pemimpin dibidang pemerintahan yang tegas, mengayomi masyarakat dan dapat menyelesaikan setiap masalah yang ada dimasyarakat.

Hadir bersama Gubernur pada kesempatan tersebut Asisten I Pemerintah Provinsi Kepri Raja Ariza, anggota DPRD Provinsi Kepri Tawarich, Kadis Perhubungan Jamhur Ismail, Kepala Biro Umum Martin Maromon, Kepala Biro Ekonomi Heri Andrianto dan sejumlah Petani di kawasan Wacopek Bintan. (RZA/Hm).