Gubernur Buka STQ VII Tingkat Kabupaten Lingga

LINGGA, Kepritoday.com :Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H. Nurdin Basirun,  membuka secara resmi perhelatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke VII Kabupaten Lingga, di Daik Lingga. Senin (21/3).

Pada kesempatan itu Nurdin Basirun mengajak masyarakat Lingga untuk rajin membaca, menghayati dan mengamalkan Al Qur’an.

“Jangan ragu untuk mempelajari dan membaca Al Qur’an, karena Al Qur’an berisi kebenaran  yang mutlak dan tidak perlu diragukan lagi. Dengan membaca dan mengamalkannya maka kita akan lebih tertata dalan menjalani hidup di dunia dan akhirat nantinya,” kata Gubernur.

Gubernur senang dengan antusias masyarakat Lingga hadir meramaikan acara ini. Disamping untuk meningkatkan pengamalan Al Qur’an, STQ juga bagian untuk meningkatkan silahturahmi sesame umat.

“Untuk para khafilah dari masing-masing kecamatan saya ucapkan selamat bertanding dan jangan pernah berhenti untuk terus belajar,” pesan Gubernur.

Sementara itu, M. Nizar, S.Sos, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) mengatakan, meski semua pembinaan Al-Qur’an merupakan tanggung jawab LPTQ pada semua tingkatan pemerintahan , namun kemajuan tersebut juga tidak terlepas dari campur tangan sejumlah lembaga keagamaan.

Gubernur Kepri Bersama Bupati Lingga Memukul Beduq

Nizar berharap, lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Qori-Qoriah, Dewan Masjid Indonesia, Pondok-Pondok Pesantren dan MajelisTa’lim di Kabupaten Lingga, agar dapat kiranya bersinergi, bahu mambahu dan mampu bekerjasama dengan program kerja yang tujuannya  melakukan pembinaan pada generasi Islam dalam mempelajari ilmu- ilmu Islam.

“Tanpa motivasi dari orang tua kami mustahil dapat membangun Kabupaten Lingga Terbilang 2020 khusus mental dan spiritual keagamaan. Saya berharap STQ maupun MTQ dari desa dan kecamatan supaya islam tetap menggema sekaligus menjaga khazanah Budaya Melayu,” ujar Nizar.

Tema STQ VII Lingga tahun ini adalah “mewujudkan Khazanah berbudaya yang agamis, insan yang berkualitas dan beriman, menuju Lingga Terbilang 2020”.

STQ KabupatenLingga ke VII ini, diikuti sebanyak 249 peserta dari 10 Kecamatan di Kabupaten Lingga, peserta bersaing memperebutkan juara dalam 12 cabang yang diperlombakan. Para  juara akan mengikuti dan menjalani pelatihan sebagai persiapan menghadapi STQ tingkat Provinsi di Batam pada pertengahan Mei mendatang.

Sebelum pembukaan STQ ke VII Kabupaten Lingga oleh Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun. Bupati Lingga Alias Wello melepas pawai ta’ruf di Masjid Al Hikmah Sawah Indah yang dilanjutkan dengan pembukaan stand Bazar STQ Kabupaten Lingga. Pawai Ta’rufdan Bazar STQ diikuti oleh semua khafilah dari kecamatan se Kabupaten Lingga. (ramlan/rza).