Gelar Pelatihan Kompetisi Pemandu Wisata, Lingga Fokus Kembangkan Industri Wisata

Poto Bersama Usai Pelatihan Kompetisi Pemandu Wisata (tour guide) Diaula Penginapan Lingga Pesona.

LINGGA, Kepritoday.com – Meninjaklanjuti kegiatan sertifikasi yang dilakukan oleh kementrian Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Lingga, menggelar pelatihan kompetisi pemandu wisata (tour guide) diaula penginapan Lingga Pesona.

Adapun peserta pelatihan terdiri dari 46 orang, dan lulus 36 orang, kegiatan ini bertujuan untuk ketersediaan pemandu wisata yang mumpuni dan dibutuhkan dalam memberikan bantuan, informasi dan interpretasi warisan budaya, sejarah serta kontemporer kepada pengunjung/wisatawan yang berkunjung ke-Kabupaten Lingga.

Raja Fahrurrazi selaku Kepala Disparpora Lingga pasca kegiatan Pelatihan Kompetisi Pemandu Wisata Provinsi Kepri kepada Kepritoday.com mengatakan pelatihan ini digelar agar kualitas tour guide di-Kabupaten Lingga akan semakin baik dalam melayani para pengunjung/wisatawan yang datang ke-Kabupaten Lingga.

“Kita menyadari beberapa pemandu wisata belum terlatih secara profesional, jadi pada hari ini para pemandu wisata yang sudah lulus maupun yang baru, itu mereka dibina dengan pelatihan-pelatihan bagaimana menjadi penyedia pelayanan pariwisata yang bagus”, imbuhnya kepada kepritoday.com, Kamis (11/10/2018)

Selain mengoptimalkan kualitas para pemandu wisat, Dinas Pariwisata Lingga juga akan mengaktifkan Tourism Infomation Center (TIC) guna mempermudah setiap wisman yang berkunjung ke Negeri Bunda Tanah Melayu memperoleh informasi seputar wisata yang ada.

“TIC sendiri akan bekerja sama dengan beberapa element yang ikut andil dalam giat semarak wisata, seperti para operator kapal, pemandu wisata, pengelola tranportasi darat, homstay (hotel), kelopok perkumpulan kuliner, Pokdarwis, LSM-LSM pecinta alam dan siapapun yang punya keterlibatan langsung kepada industri wisata”, tambahnya.

Touris Infomation Center atau pusat informasi turis wisatawan di tiga pelabuhan. Ketiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Benan, Pelabuhan Jagoh dan Pelanuhan Sungai Tenam.

Dikatakan Kepala Disparpora, pusat pelayanan informasi itu dibuka untuk memudahkan wisatawan yang berkunjung ke Lingga memperoleh informasi pariwisata yang dibutuhkan.

”Pusat informasi turis juga sebagai wadah promosi tujuan wisata, yang ada di Kabupaten Lingga. Meski letak geografis Lingga tidak jauh dari Pulau Batam dan Bintan, namun saat ini potensi pariwisata belum terdengar,” tutup Raja Fahrurrazi. (Ari/RL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top