Forum Diskusi Group GIZ, di Buka Wakil Walikota Tanjungpinang

wawako poto

Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul. S.Pd

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, membuka secara langsung kegiatan Forum diskusi Group GIZ (Gesellschaft fur Internationale Xusammenarbeit) atau Lembaga Bantuan dan Kerjasama Pemerintah Jerman, kegiatan yang di fasilitasi oleh Bappeda Kota Tanjungpinang ini dilaksanakan di Balroom Hotel Pelangi, Tanjungpinang, Jum’at (08/08). Kegiatan turut dihadiri Kepala Dinas Tata Kota Tanjungpinang Ir. H. Almazuar Amal, Mr. Irvan Pulungan ICLEI (Badan Internasional untuk Inisiatif Ekonomi Lokal ) Sea Representatives, serta para peserta diskusi.

 

Wakil Walikota H. Syahrul, S. Pd, dalam hal ini, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas komitmen dan sinerginya dalam perubahan pembangunan Kota Gurindam, disamping itu juga, peran dari beberapa SKPD yang terlibat langsung dalam kegiatan ini akan berdampak pada sesuatu perubahan pembangunan yang baru di Kota Tanjungpinang ini.
Dikatakannya lagi, program dari Giz ini sangat bermanfaat bagi pengelolaan sumber daya perkotaan yang mencakup pengelolaan limbah sampah menjadi energi yang bermanfaat. Untuk itu, saya berharap kepada stakeholder terkail dapat bersinergi dan berkomitmen untuk menciptakan suatu invovasi baru, yang dapat kita lakukan bersama untuk pembangunan Kota Tanjungpinang yang kita cintai ini.” Ujar Syahrul.
Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Tanjungpinang, Drs. H. Hamalis menjelaskan, Proyek Urban Nexus merupakan proyek yang dilaksanakan GIZ dengan didanai oleh BMZ (Kementrian Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman). Sasaran dari program tersebut adalah proyek kota-kota terpilih di China, Indonesia, Mongolia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
Di lanjutkan Hamalis, Kota Tanjungpinang menjadi salah satu Kota terpilih dari target Urban Nexus GIZ dalam pembangunan insfrastruktur dan sumberdaya yang terintegritas, seperti dalam pengelolaan limbah padat dan air limbah (TPA dan IPAL Komunal), penyediaan air baku, pengelolaan energi, ketahanan pangan, dan pengembangan kawasan eks tambang menjadi kawasan produktif.” Jelasnya.
Lebih jelas dikatakan Hamalis, pada tanggal 25-27 Juni 2014 yang lalu, Bappeda Kota Tanjungpinang telah menghadiri Regional Nexus Workshop di Danang Vietnam. Dalam workshop tersebut proyek Urban Nexus yang diusulkan di Kota Tanjungpinang adalah, bimtek dalam pembangunan instalasi pipa gas metan dan penggunaan biogas untuk energi di TPA Ganet, pembangunan IPLT, peningkatan sanitasi komunal pada wilayah pesisir serta pengoperasian SPAM-SWRO yang hemat energi.
Selanjutnya dari tindak lanjut workshop itu, tim GIZ akan mengunjungi Kota Tanjungpinang pada tanggal 8 Agustus 2014, untuk membahas proyek urban nexus yang telah diusulkan, yaitu pengumpulan data-data yang diperlukan mengenai pengelolaan limbah padat, energi, dan juga mengunjungi lokasi tempat proyek urban nexus yang diusulkan di Kota Tanjungpinang, oleh karena itu diskusi yang dilaksanakan pada hari ini adalah untuk menyusun langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk pelaksanaan kegiatan ini.” Tutupnya.
Pada kesempatan yang sama, Director Nexus Project, Ms. Ruth Erlbeck mengatakan, pemerintah Kota Tanjungpinang telah menunjukan komitmen yang baik untuk bekerjasama dengan pihak kami, oleh sebab itu, saya mengharapkan kita dapat bekerjasama untuk menjalankan program ini.” Ucapnya. (djo)

 

Top