Drs. H. Helmi, M.Ag : “ASN Harus Paham Aturan Birokrasi”

Kepala Kankemenag Padang Pariaman, Drs. H. Helmi, M.Ag (tengah) ketika memimpin Rakor awal tahun 2017 di Gedung Pertemuan FKUB Padang Pariaman.

PADANG PARIAMAN, Kepritoday.com – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Padang Pariaman, Drs. H. Helmi, M.Ag, Kamis (26/1), memimpin Rapat koordinasi (Rakor) awal tahun 2017 di Gedung Pertemuan FKUB Kankemenag Padang Pariaman, Jl. Raya Padang – Bukittinggi, KM 44, Kiambang, Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman.

Rapat tersebut dihadiri Kasubbag TU, H. Syfarizal, S.Ag, Tk, Sidi Sati, Kepala Seksi (Kasi) Penmad, H. Yurdinal, MA, Kasi Bimais, Epi Mayardi, S.Ag, Kasi PAI, Suhendiral, S.Ag, MA, Kasi PHU, Drs. Syaiful Azhar, Kasi PD dan Pontren, Irsyad, S.Ag dan Penyelenggara Syariah, Masrizal, S.Ag, M.Ag serta Kepala KUA, madrasah dan Pokjawas se-Kabupaten Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, seluruh Kasi dan Penyelenggara Syariah diminta untuk memaparkan rencana dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini. Pemaparan pertama disampaikan Kasi PD dan Pontren, Irsyad mengatakan bahwa ia masih membaca dan belajar tentang rencana apa yang akan dilakukan pada tahun 2017 ini.

Kesempatan kedua diberikan pada Kasi Bimais, Epi Mayardi, pria yang akrab disapa Ungku Epi tersebut sudah melaksanakan kegiatan pemberian SK PAI non PNS dan membentuk kepengurusan BP4 serta persiapan untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi Sumbar yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman.

Sementara Penyelenggara Syariah, Masrizal menyebutkan, untuk tahun 2017 tidak kegiatan yang akan dilakukan karena tidak ada dana di dalam DIPA.

Sedangkan Kasi Penmad, Yurdinal mengatakan, sangat banyak sekali kegiatan yang akan dilakukan termasuk salah satunya acara Perkemahan Pramuka Madrasah tingkat Provinsi Sumbar yang akan dilaksanakan di INS Kayu Tanam. Sementara Kasi PAI, Suhendiral menerangkan, kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun ini diantaranya Bimtek Guru PAI.

Pemaparan terakhir disampaikan Kasi PHU, Syaiful Azhar. Menurutnya, PHU Padang Pariaman sedang menunggu Peraturan Menteri Agama tentang pengembalian kuota haji Indonesia menjadi 100 persen setelah sebelumnya dipotong 20 persen oleh pihak Arab Saudi.

“Peraturan tersebut masih digodok di pusat,” terangnya.

Kasubbag TU Kankemenag Padang Pariaman, H. Syfarizal menekankan, agar ASN dalam menjalankan tugasnya harus disiplin Kedisiplinan tersebut dibuktikan dengan adanya uraian tugas ASN yang bersangkutan.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman, H. Helmi dalam arahannya menegaskan, hasil dari Rakor yang dilaksanakan harus disosialisasikan pada satuan kerja masing-masing pejabat.

“Mari kita bekerjasama dan sama-sama bekerja, buka lembaran baru untuk hari esok yang lebih baik demi kemajuan instansi Kementerian Agama yang sangat kita cintai ini,” tutur H. Helmi.
Ia juga mengatakan bahwa program 100 hari kepemimpinanya sebagai Kepala Kankemenag Padang Pariaman memprioritaskan disiplin, baik itu di Kankemenag maupun di KUA dan madrasah yang ada di Padang Pariaman.

“Kita minta seluruh ASN Kankemenag Padang Pariaman harus paham aturan tentang birokrasi, melaksanakan amanah dari pimpinan dengan rasa tanggungjawab. Mulai Februari nanti, di kantor ini akan dilaksanakan apel setiap pagi dan pada Jumat setiap minggunya akan dilaksanakan wirid dan kegiatan dharma wanita serta kegiatan keagamaan lainya,” papar mantan Pymt Kankemenag Kota Pariaman tersebut.

  1. Helmi juga mengatakan bahwa setiap tanggal 17 akan dilaksanakan rapat periodik usai upacara bendera dimana setiap ASN harus memakai pakaian Korpri.

“Tujuan upacara tersebut adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme, pengabdian, tanggung jawab, disiplin dan pelaksanaan gerakan revolusi mental aparatur sipil negara guna mewujudkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat yang dilandasi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945,” tutup ASN yang diangkat melalui CPPN pada tahun 1995 itu. (Dodoyx)

Top