Drs. Abu Hasyim, MM : Jajaran ASN Harus Hafal Visi-Misi Kepala Daerah

Sekda Kabupaten Lingga, Drs. Abu Hasyim, MM (foto;Istimewa)

LINGGA, Kepritoday.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lingga, Drs. Abu Hasyim MM wajibkan seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten tersebut untuk hafal dengan visi-misi kepala daerah.

“Seluruh ASN wajib hafal dengan visi-misi Bupati. Karena itu menjadi landasan kita membuat program sesuai dengan prioritas pembangunan daerah saat ini,” kata dia, saat memimpin apel di halaman kantor Bupati Lingga, Senin (30/01/2017) pagi.

Menurutnya, visi-misi kepala daerah merupakan pedoman utama bagi setiap OPD terutama pejabat eselon II, III, IV dan jajaran stafnya menyusun perencanaan, menjalankan program kegiatan dan sekaligus mengalokasikan anggaran di setiap tahunnya.

Bahkan, lajutnya, hal tersebut juga sejalan dengan instruksi pusat dimana anggaran harus mengikuti program atau dikenal dengan istilah Money Follow Program. Tidak lagi seperti dulunya, anggaran mengikuti fungsi.

“Kita harus sejalan dengan visi misi agar bisa mendukung program prioritas yang di usung Bupati Lingga, seperti perikanan, pertanian, peternakan, pariwisata dan sumber daya manusia (SDM),” ujar Abu Hasyim.

Selain itu, Sekda Defenitif tersebut juga menyinggung soal Sistem Pengendalian Informasi Pemerintahan (SPIP) yang wajib di jalankan setiap OPD, saat memimpin Apel Senin ke dua itu.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2008, menurutnya PPIP merupakan sebuah kewajiban bagi setiap OPD. Meski ia mengakui hal itu tidaklah mudah, namun dia meyakini jika sudah dimulai akan menjadi ringan.

“Oleh karena itu, setiap OPD sesuai target 100 hari ini dikejar terus, dimantapkan terus. Berat memang, tapi kalau sudah dimulai menjadi ringan. Insyaallah kita akan memulai ini dan akan kita awasi, agar setiap OPD dapat berjalan,” ungkapnya lagi.

Terkait persoalan kedisiplinan ASN, Abu Hasyim mengajak seluruh OPD untuk memperhatikan tiga hal dasar yakni tertib, bersih dan harmonis. Tiga hal dasar ini jika diterapkan di setiap OPD, maka dengan sendirinya menciptakan kenyamanan kantor dan meningkatkan prestasi kerja.

Beberapa hal lain yang juga ia sampaikan dalam amanat tersebut yakni, mengajak jajaran ASN menjadi contoh masyarakat yang taat pajak dan mendukung program restribusi parkir dan pelabuhan yang diprogramkan pemerintah setempat.

Pantauan media ini, apel wajib yang digelar oleh pemerimtah Kabupaten Lingga setiap Senin pagi tersebut berlangsung hikmat, dan diikuti oleh seluruh OPD yang ada di Ibukota pemerintahan Daik Lingga.

Apel untuk kedua kalinya itu, di pimpin oleh Sekda Lingga, Abu Hasyim dan komandan pasukan,, Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Lingga, Dody Suhendra. (Ramlan)