Dr. H. Helmi, M.Ag :Ada Tiga Hal Untuk Menjaga Kebersamaan Umat

4
Kepala Kantor Kemenag H. Helmi serahkan bantuan pada ASN Kemenag Padang Pariaman, Rohayati yang rumahnya terkena musibah banjir bandang. 

PADANG PARIAMAN, Kepritoday.com – Sesuai dengan tema Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama tahun 2019 yakni “Jaga Kebersamaan Umat”, untuk itu ada tiga hal yang harus diketahui dan harus dihindari dalam menjaga kebersamaan itu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Pariaman, Dr. H. Helmi, M.Ag, Kamis (17/1) ketika menjadi pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) bulan Januari 2019 di halaman Kantor Kemenag Padang Pariaman, Jl. Raya Padang-Bukittinggi, KM 44, Kiambang, Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung.

“Mari kita jaga kebersamaan umat dan untuk menjaga kebersamaan tersebut, ada tiga hal yang wajib kita hindari”, kata H. Helmi.

Menurutnya, tiga hal tersebut adalah berburuk sangka, mencari kesalahan orang dan suka bergunjing. Sedangkan untuk yang pertama, janganlah berburuk sangka terhadap orang lain terutama pada pemerintah dan pimpinan.

“Allah SWT telah berfirman dalam Surah Al Hujurat ayat 6 yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”, papar mantan Pymt Kantor Kemenag Kota Pariaman itu.

Sedangkan yang kedua, jangan selalu mencari kesalahan orang lain karena hal itu dilarang oleh Islam dan sudah kita ketahui bersama bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna.

“Lebih baik kita merenungkan diri dan mencari kesalahan diri kita agar kesalahan itu dapat diperbaiki di masa yang akan datang dan yang terakhir mari kita hindari bergunjing karena itu akan merusak kebersamaan”, tambahnya.

Kepala Kemenag yang bergelar doktor tersebut juga mengatakan, pada tahun 2018 ada beberapa hal kesukseskan dan keberhasilan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Pariaman, diantaranya sudah dilaunchingnya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Program Nikah Terpadu (Panter) pada beberapa KUA yang tersebar di Kabupaten Padang Pariaman.

“Menandai kebersamaan diawal tahun ini, Kemenag Padang Pariaman juga telah memberikan sumbangan pada salah seorang ASN Kemenag Padang Pariaman, Rohayati yang rumahnya terkena musibah banjir bandang pada 10 Desember tahun lalu”, tutupnya.

Upacara tersebut dilaksanakan oleh ASN Kemenag Padang Pariaman dan dihadiri oleh Kasi PAI, Epi Mayardi, Kasi PD & PP, Firtrison Efendi, Kasi PHU, Irsyad dan Penelenggara Syariah Masrijal serta Kepala KUA, Kepala Madrasah, Pokjawas, Pokjaluh se-Kabupaten Padang Pariaman. (Mudawar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.