'

DP3APM Kota Tanjungpinang Deklarasi Sekolah Ramah Anak

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang melaksanakan deklarasi Sekolah Ramah Anak di SDN 014 Bukit Bestari, Senin (1/4).

Deklarasi tersebut dikemas dalam upacara bendera Senin pagi dengan pembina upacara Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd. Upacara tersebut turut diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang, Kepala SD se-Bukit Bestari dan seluruh peserta didik SDN 014 Bukit Bestari.

Dalam amanatnya, Syahrul berharap kepada seluruh peserta didik untuk mengembangkan sikap disiplin dan bersikap yang baik.

“Kepada Ananda semuanya, saya harapakan untuk terus kembangkan sikap disiplin dan bersikap yang baik agar peroleh prestasi yang terbaik, dan kepada seluruh guru, saya harapkan untuk menjadikan sekolah ramah anak ini merupakan program dengan tujuan untuk diberi tunjuk ajar yang baik, jangan dimarahz apabila berbuat salah, tapi dinasehatu, dibimbing agar mengerti untuk memperbaiki kesalahannya,” ungkapnya.

Syahrul juga mengatakan tugas guru bukan hanya mengajar saja tapi untuk mendidik. Penanaman sikap dan akhlak itu sangat penting untuk tumbuh kembang anak agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

“Sebagai guru memiliki tugas yaitu mengajar dan mendidik, mengajar itu mentransfer ilmu, mendidik itu mengembangkan sikap kepada peserta didik sehingga bisa diaktualisasikan dalam kehidupannya,” lanjutnya

Diakhir amanatnya, Syahrul juga berpesan kepada seluruh peserta didik yang mengikuti upacara tersebut untuk terus belajar dengan sungguh-sungguh.

“Kepada seluruh peserta didik, saya berpesan belajarlah dengan sungguh-sungguh dan tekun, tuntutlah ilmu setinggi langit, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa berguna untuk orang banyak,” pungkasnya.

Deklarasi Sekolah Ramah Anak ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan oleh Walikota Tanjungpinang bersama OPD terkait yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan DP3APM Kota Tanjungpinang serta Kepala SDN 014 Bukit Bestari, Komite Sekolah dan Orang Tua Wali Murid yang berisi poin-poin pernyataan untuk menjamin pemenuhan dan perlindungan hak anak, berupa komitmen menjadikan SDN 014 Bukit Bestari sebagai sekolah yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

Selain itu, menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak, melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi, perlakuan lainnya, mendukung partisipasi anak dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan, serta memiliki mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di sekolah. (red/hm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top