Dirjend Bea Dan Cukai Bersama Police Coast Guard Singapore Costoms Jalin Kerjasama Patroli Laut

IMG-20160531-WA0005

Direktur Kepabeanan Internasional Antar Lembaga Bea dan Cukai, Robert Leonard Marbun

BATAM, Kepritoday.com – Dalam rangka pengamanan perairan laut kedua negara antara Indonesia dan Singapura, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia dan Singapura mengadakan pertemuan jalinan kerjasama patroli laut. Kegiatan ini dilaksanakan, Selasa. (31/05), bertempat dikantor Bea dan Cukai Type B, Batu Ampar Batam.

Maraknya kejahatan lintas negara atau Trans Nasional Crime yang sudah menjadi isu global, terutama peredaran obat terlarang dan illegal trading yang membahayakan masyarakat, apabila tidak segera ditangani secara bersama dan masif maka berpotensi menurunkan intensitas perdagangan antar negara dan mengancam stabilitas Negara.

Maka dari itu, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia bekerjasama dengan Police Coast Guard, Singapore Customs, Imigration dan Chekpoint Authority Singapura, hari ini mengadakan pertemuan guna membahas penanganan bersama terhadap kejahatan lintas Negara, dalam hal patroli laut yang terkoordinasi, pertukaran informasi, dan investigasi bersama.

Menurut Direktur Kepabeanan Internasional Antar Lembaga Bea dan Cukai, Robert Leonard Marbun mengatakan, hari ini kita mengadakan pertemuan dengan Custom Singapura juga Police Coast Guard dalam rangka kerjasama patroli perairan laut, adapun kerjasama ini meliputi pertukaran informasi terkait kasus peredaran obat terlarang, illegal trading beserta trendnya, informasi subyek perdagangan yang memiliki reputasi baik.

” Patroli laut berupa operasi yang di lakukan berdasarkan informasi yang di pertukarkan,operasi yang bersifat terus menerus,dan operasi administrasi pabean antara Indonesia dan Singapura secara kolaboratif.” ujar Robert, saat memberikan keterangan pers di Aula kantor Bea dan Cukai Type B, Batu Ampar, Batam .

IMG-20160531-WA0004

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia dengan Police Coast Guard, Singapore

Ditambahkannya, alam hal investigasi bersama yaitu menindaklanjuti hasil operasi yang telah di laksanakan seperti bertindak sebagai saksi ahli ,observasi aktif,dan monitoring terhadap jaringan kriminal tertentu. Katanya.

“ Meskipun hingga saat ini belum ada MoU atau Tripartite MoU yang melibatkan Bea dan Cukai Indonesia, Singapore Customs, dan Police Coast Guard di harapkan dengan adanya penanganan bersama terhadap kejahatan lintas negara ini maka, peredaran obat terlarang dan illegal trading khususnya diwilayah perairan laut Indonesia – Singapore dapat diberantas.” Jelasnya.

Dari hasil pertemuan ini di harapkan juga kedepan ada nya kerjasama berkelanjutan antar Bea dan Cukai Indonesia,Singapore Customs,dan Police Coast Guard dalam hal bilateral meeting,training dan working visit.(andri)

Top