Dalmasri Himbau Nelayan Untuk Kreatif dan Berani

BINTAN, Kepritoday.com – Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM didampingi Inspektur Daerah Drs. R. M. Akib Rachim, MM, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bintan M. Fachrimsyah, SP dan beberapa Kepala OPD lainnya secara resmi membuka kegiatan Temu Lapangan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) di Hotel Hermes Agro Km. 25, Rabu pagi (12/7).

Dalam sambutannya Drs. H. Dalmasri Syam, MM menyatakan bahwa dirinya telah sangat memahami seluk beluk permasalahan yang dihadapi oleh unit usaha perinakan laut (nelayan) dalam mengurus pinjaman dana di Bank. Rumitnya persyaratan yang harus dipenuhi membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan kucuran dana guna menjadi modal awal maupun modal pengembangan usaha.

“Saya paham sekali bagaimana sulitnya para nelayan untuk mendapatkan modal di Bank. Padahal dananya selalu dianggarkan oleh Pemerintah pusat untuk seluruh UMKM. Kepada seluruh nelayan saya himbau, jangan takut untuk bertanya ke Bank agar semua urusan dipermudah sebab kami juga senantiasa membantu agar masyarakat khususnya di wilayah pesisir tidak kesulitan lagi dalam mendapatkan tambahan modal” tuturnya.

Dalmasri juga menyampaikan di samping perlunya tambahan modal dalam meningkatkan usaha, Penyuluh selaku pendamping dan pembina yang bertugas di setiap Kecamatan harus benar-benar mampu merangkul semua lapisan masyarakat agar mereka mampu untuk mengelola usahanya. Sebab terkadang, ada bantuan yang telah didapat namun karena kurangnya kemampuan dan pengetahuan untuk memulai membuat usaha berajalan lamban bahkan diam di tempat.

Data peserta yang didapat ada 50 orang peserta yang terdiri dari penyuluh perikanan, bidang usaha pembudidayaan ikan, bidang usaha perikanan tangkap, bidang usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, bidang koperasi perikanan dan beberapa anggota TP PKK Kabupaten Bintan.

Acara yang berlangsung selama sehari penuh ini nantinya akan diisi oleh 4 pemateri. Keempat narasumber yang dimaksud adalah Jaja Sumantri selaku KPUMKM Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Provinsi Kepri, Firman Syafe’i, S.Pi, MM selaku Kasi Akses Perbankan Direktorat Usaha dan Investasi PDSPKP KKP RI, Mhd. Rafhael Santiago selaku Account Officer Bank Rakyat Indonesia cabang Tanjungpinang dan Drs. Azmir Wida selaku Ketua KKMB “Bina Nusantara” Asosiasi Konsultan Keuangan Mitra Bank Pusat. (djo/MC).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top