CPNS di Lingkungan Kemenkumham RI Mengikuti Latsar di Bapelkes Batam Kepri

Kakanwil Kemenkumham Kepri Bambang Widodo saat menyampaikan sambutan di hadapan Latsar CPNS golongan II dan III di Gedung Bapelkes Batam Kepri

BATAM, Kepritoday.com – Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan III Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) RI,di buka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Kepri Bambang Widodo,pada hari Rabu (02/05). Kegiatan Latsar CPNS ini dilaksanakan di gedung Bapelkes Batam Kepri.

Kakanwil Kemenkumham Kepri saat membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM RI,Yasonna H Laoly. Mengucapkan Terima kasih kepada Menteri PAN dan RB, Kepala BKN, Kepala LAN, dan Deputi Pembinaan Diklat LAN atas waktu dan atensinya kepada Kementerian Hukum Dan HAM, sehingga kami diberikan tambahan pegawai sejumlah 14.526 orang pada tahun 2017. Hadirin yang saya hormati.

Pada hari ini, di hadapan kita telah hadiri para CPNS sekitar 1.300 orang yang mewakili 17.526 CPNS untuk mengikutu pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Latsar CPNS ini penting dilaksanakan karena sebagai bagian dari upaya peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) depan, tantangan semakin berat dan kompleks, dibutuhkan ASN yang berintegritas, profesional, berkarakter, dan untuk menciptakan iklim birokrasi yang efektif, efisien, bersih dari korupsi dan siap melayani.

ASN yang handal kunci keberhasilan dalam tata kelola pemerintahan yang lebih baik.Hadirin yang berbahagia, Era globalisasi menuntut kita untuk melakukan reformasi birokrasi secara ter dan berkelanjutan.

Para CPNS ini harus mampu menjadi “ASN Jaman Now” yang mampu membawa angin perubahan ASN Jaman Now harus berintegritas, disiplin, mampu berfikir cepat, modern, inovatif dan kreatif. Pola mindset seperti itu, jika dibangun oleh masing masing individu, maka akan dapat membawa pengaruh baik bagi pegawai lainya untuk berkinerja makin baik lagi.

Dan ini penting untuk diberikan pada Latsar bagi cPNS Golongan II dan III.Memang tantangan terberat dalam melakukan pembinaan Sumber Daya Manusia adalah dalam hal Perubahan Pola pikir (mindsetting), makanya dalam area perubahan reformasi birokrasi hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah pola pikir (mindsetting).

Hadirin yang saya hormati, Sama-sama kita ketahui bahwa Kementerian Hukum dan HAM mempunyai heterogenitas tugas dan fungsi.Tantangan bagi CPNS Kementerian Hukum Dan HAM adalah bagaimana mengoptimalkan perannya melalui tugas fungsi yang diembannya.ASN Kementerian Hukum dan HAM harus juga tahu dan paham peran strategis lainnya yang dimiliki Kementerian Hukum Dan HAM.

Ini penting, karena meskipun tugas fungsinya heterogen, tetapi visi utamanya adalah memberikan kepastian hukum hal ini tercermin melalui misi yaitu:
Pertama,Mewujudkan peraturan perundang-undangan yang melindungi kepentingan nasional;

Kedua, Mewujudkan pelayanan hukum sesuai dengan asas penyelenggaraan pelayanan publik,

Ketiga, Mewujudkan penegakan hukum yang menjadi pendoirong inovasi, kreatifitas dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Ke-empat, Mewujudkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, kompetensi yang akan dibangun pada Latsar CPNS Golongan II dan III adalah kompetensi ASN sebagai pelayanan masyarakat yang profesional, akuntabel, sinergis, transparan dan inovatif, yang mampu menegakkan hukum sebagai panglima dan menjaga tegaknya supremasi hukum.

Disinilah diperlukan kesiapan yang penuh dari tenaga pengajar dan penyelenggara agar proses membangun kompetensi para CPNS Golongan II dan III ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Saya minta para pengajar harus mengupgrade ilmu pengetahuan terkait birokrasi dan layanan publik dibidang hukum dan HAM. Hadirin yang saya banggakan, Perjalanan kalian para CPNS Kementerian Hukum dan HAM masih panjang, masih banyak kerikil tajam dihadapan kalian.

Terus berintegritas, tetap waspada, jangan sampai narkoba, pungutan liar, dan ketidakdisiplinan menghancurkan masa depan yang telah saudara bangun dengan susah payah.

Pada kesempatan ini, dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan dengan tema “Kami PASTI Berintegritas dan Hospitality Dalam Pelayanan Publik” secara resmi saya nyatakan dimulai. Semoga kerja keras dan dedikasi yang telah saudara tunjukan melalui kegiatan ini senantiasa mendapat bimbingan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. (*)

Sumber : Kemenkumham RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top