|
Brokoli Hambat Pertumbuhan Kanker Prostat |
|
Kamis, 3 Juli 2008 | 11:29:27 |
Washington (BCZ) Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli
menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi brokoli akan memiliki resiko
yang sangat rendah dalam terkena kanker prostat.
Mereka juga menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi banyak sayuran termasuk kubis, bunga kol dan brokoli akan menurunkan tingkat terserang kanker prostat.
Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dai Institut Penelitian Bahan Makanan Inggris ini merupakan satu-satunya penelitian yang dilakukan dengan mengambil sampel dari manusia. Hal ini sangat jarang dilakukan mengingat hampir semua penelitian menggunakan sampel binatang sebagai percobaannya.
Penelitian tersebut dilakukan pada seorang yang terkena serangan kanker prostat stadium dini, penderita tersebut kemudian diberikan makanan brokoli sebanyak 400 gram brokoli atau 400 gram kacang polong setiap harinya selama 12 bulan terus menerus.
Para peneliti tersebut mengambil sampel tisu prostat pada awal dia mengkonsumsi brokoli dan kacang polong tersebut, enam bulan sesudahnya serta 12 setelah ia mengkonsumsi sayuran tersebut untuk memonitor perkembangan kanker prostat yang dialami oleh pria itu.
“Banyak terjadi perubahan pada pria yang memakan brokoli tersebut dibandingkan dengan mereka yang memakan kacang polong, dan hasil ini semakin menyakinkan kami bahwa brokoli dapat menghambat perkembangan kanker protat,” tutur ilmuwan tersebut, Richard Mitchen.
“Terhambatnya perkembangan kanker prostat ini berhubungan erat dengan cara pasien mengkonsumsi brokoli itu. Sayuran dan buah-buahan lainnya juga menunjukkan trend bisa menghambat perkembangan kanker prostat, hanya saja cara kerja buah dan sayuran lainnya berbeda dengan brokoli yang hasilnya bisa dilihat dengan cukup cepat,” tambahnya. (jhs)
|