'

Bupati Bintan Terima Anugerah Pangripta Nusantara 2014

Bupati Bintan1

Bupati Kabupaten Bintan Menerima Anugerah Pangripta Nusantara 2014 dari Menteri Bappenas, Armida Alisjahbana

BINTAN,Kepritoday.com :  Bupati Bintan H Ansar Ahmad, kembali menerima penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara 2014 dari Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana, di hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (29/4).


“Anugerah diberikan kepada daerah yang sudah mengelola perencanaan pembangunan daerah terbaik. Tujuan pemberian anugrah ini untuk mendorong setiap daerah untuk menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, konprehensif terukur dan dapat dilaksanakan,” kata Armida Alisjahbana.

Serta lanjutnya, sekaligus menciptakan insentif bagi Pemerintah Daerah (Pemda), lanjut Armida, untuk mewujudkan perencanan yang lebih baik dan bermutu. Mekanisme tahapan dan kriteria dalam penilaian Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten/Kota.

Penilaian pada dokumen perencanaan, terangnya, seluruh kabupaten/kota di masing-masing provinsi yang menghasilkan 3 kabupaten/kota terbaik. Penilaian terhadap proses perencanaan kepada 3 kabupaten/kota terbaik untuk diusulkan provinsi mengikuti penilaian tahap selanjutnya yang meliputi perencanaan dari bawah (bottom up), proses perencanaan dari atas (top down), proses perencanaan teknokratik, proses perencanaan politik dan inovasi.

Kemudian presentasi dan wawancara yang dilakukan oleh tim penyelenggara Anugrah Pangripta Nusantara di tingkat nasional yang merupakn tim penilai independen, terdiri dari 7 orang dengan latar belakang berbagai disiplin ilmu yang diketuai Herman Haeruman ahli perencana wilayah sumber daya alam dan lingkungan.

Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan untuk kategori Anugerah Pangripta Nusantara Pratama kategori A Kabupaten Bintan menjadi terbaik I. Disusul Kota Medan dan Kota Cilegon.

“Anugerah penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Bintan, Ansar Ahmad,” kata Ronny.(djoko/hk)

Top