Bright PLN Batam, Ajak Awak Media Kunjungi PLTU Tanjung Kasam

PLN-Batam1

Para Pekerja Sedang Melakukan Perawatan dan Pemeliharaan Mesin di PLTU Tanjung Kasam

BATAM, Kepritoday.com : Terkait Pemadaman listrik yang terjadi di Kota batam akhir akhir ini, BRIGHT PLN Batam  mengajak puluhan awak media untuk mengunjungi PLTU Tanjung Kasam, Senin (12/5) untuk melihat sistem kerja dan pemeliharaan mesin yang ada disana.

Dengan menggunakan bus yang mengantar para awak media,  untuk menuju lokasi  PLTU Tanjung Kasam, dekat pelabuhan Telaga Punggur,  perjalanan yang ditempuh berjarak lebih kurang 30 menit dari kantor pusat BRIGHT PLN Batam .

Saat rombongan para awak Media sampai dilokasi PLTU,  rombongan disambut oleh para pimpinan PT TJK Power yang mengelolah PLTU Tanjung Kasam dan mereka mengundang masuk kedalam gedung untuk melihat peralatan mesin yang digunakan selama ini .

“Tujuan kunjungan  ini  supaya  para awak media  bisa melihat dari dekat  proses kerja PLTU Tanjung Kasam  unit 2 yang tengah beroperasi  dan bisa menyampaikan kepada masyarakat luas kota Batam perihal pemadaman listrik yang akhir akhir ini dilakukan oleh Bright PLN Batam dan  juga mengetahui mesin kita perlu menjalani perawatan dan pemeliharaan , ” kata  I Wayan Jasmin, selaku Vice Presiden PT TJK Power kepada wartawan di PLTU Tanjung Kasam.

Disampaikan juga  oleh Wayan,  dalam perawatan pemeliharaan unit 2 ini, adalah overhaul tahun  pertama setelah 1 tahun operasi, meskipun agak terlambat yang seharusnya dilakukan pada bulan Pebruari lalu dan apabila ditunda dampaknya lebih fatal lagi, oleh karena itu dilakukan perawatan supaya tahun depan lebih stabil dan 4 tahun,  baru diadakan kembali mega overhaul dan selanjutnya unit 1akan juga dilakukan juga tahun ini akan tetapi sedang di diskusikan kembali.

Operation Manager BRIGHT PLN Batam , M Tagor EB Sidjabat yang saat itu bersama sama  awak media juga menjelaskan dan mengatakan, ” pemadaman listrik kota Batam pada dasarnya kita lakukan untuk menjaga peralatan pemeliharaan pembangkit PLN Batam khususnya PLTU Tanjung Kasam unit 2 agar bisa disampaikan informasi ini kepada masyarakat luas di Batam  ” kata nya

” Karena kita tidak mau juga mendengar adanya tuduhan kepada pihak PLN yang tidak baik dan kalian telah lihat sendiri bagaimana sekarang bahwa pemadaman listrik yang dilakukan memang karena ada pemeliharaan pembangkit PLN Batam khususnya PLTU Tanjung Kasam unit 2, ” katanya lagi

Tagor juga menambahkan, ” Adapun yang dilakukan adalah memeriksa dan menginstal generator dan turbin pembangkit. Hasilnya memang tidak ada kerusakan, hanya beberapa baut pengikat yang ketahanannya sudah berkurang. Untuk yang lainnya dalam kondisi bagus. ”

“Bahan turbin yang diganti hanya baut-baut pengikat, yang lain secara major masih bagus. Ketahanan sudah berkurang. Sedangkan material generator tidak ada pengganti. Jadi pekerjaan utama hanya inspeksi, penyetelan dan setting. Apabila ada yg harus diganti maka akan diganti,”tegasnya .

” Sedangkan untuk pembangkit unit satu masih belum tahu kapan akan dilakukan pemeliharaan. Akan tetapi hal itu juga wajib dilakukan karena pemeliharaan rutin.” Ujar Tagor sambil mengakhiri pembicaraannya.(Oscar)