Bea Cukai Batam Sosialisasi Registrasi Kepabeanan Bagi Pengguna Jasa

Di akhir acara sosialisasi registrasi kepabeanan, poto bersama Bea Cukai Batam dengan para peserta.

BATAM, Kepritoday.com – Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai type B Batam mengadakan sosialisasi Registerasi Kepabeanan di Ballroom Hotel Ibis Style Batam, pada hari Rabu. (06/12/ 2017).

Menurut Kabid Bimbingan Kepatuhan Layanan Informasi (BKLI) Bea Cukai Batam, R.Evy Suhartantyo mengatakan, hari ini kita melaksanakan kegiatan sosialisasi bagi para pengguna jasa tentang petunjuk pelaksanaan Registrasi kepabeanan.

“Jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi ini 86 orang yang mewakili perusahaan importir, eksportir, pengangkut dan PPJK,” kata R.Evy.

“Dasar hukum yang disosialisasikan adalah PMK 04/BC/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Registerasi Kepabeanan,” ungkapnya.

lebih lanjut R.Evy menjelaskan bahwa Kewajiban Registrasi Kepabeanan diatur dalam pasal 6A ayat 1 UU no. 10 tahun 1995 sebagaimana diubah dg UU no.17 tahun 2006 tentang Kepabeanan yaitu orang yang akan melakukan pemenuhan kewajiban pabean wajib melakukan Registrasi di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mendapat nomor identitas, dalam rangka akses kepabeanan,”

“Nomor identitas ini diperlukan menuju _single identification_ menghapus NIK (Nomor Induk Kepabeanan) dan NP PPJK (Nomor Pokok Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan), NPWP sebagai No. ID, output registrasi adalah Akses Kepabeanan,” jelas R.Evy.

“Penguna jasa wajib registrasi kepabeanan adalah importir, eksportir, PPJK, pengangkut, perusahaan jasa titipan, pengusaha TPS (Tempat Penimbunan Sementara) Proses registrasi kepabeanan memerlukan waktu 1 hari pelayanan dan tidak dipungut biaya oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai,” ungkapnya.

Partisipasi aktif dari para peserta dengan adanya beberapa pertanyaan.

“Pada akhir acara terdapat beberapa perusahaan yang telah terblokir dan dapat dibuka kembali blokirnya, karena persyaratan administrasi telah terpenuhi untuk dilakukan pembukaan blokir.” pungkasnya. (Osr/Budi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *