BC Indonesia dan BC Malaysia Tingkatkan Sinegritas Dalam Mengawasi Perairan Laut Selat Malaka

Heru Pambudi, Direktur Jenderal Bea dan Cukai dan Cukai Indonesia didampingi BC Malaysia, saat menyampaikan keterangan persnya di Pangkalan sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Balai Karimun.

KARIMUN, Kepritoday.com – Salah satu bentuk nyata pelaksanaan intruksi presiden RI dan sebagai penguatan reformasi kepabeanan dan cukai untuk mengantisipasi tindak penyeludupan,bea dan cukai mengambil langkah taktis dan sinergis salah satunya adalah dalam bentuk Operasi Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia dan Malaysia (Operasi PATKOR KASTIMA), yang di buka secara resmi oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi pada hari Kamis (07/09/2017) bertempat di Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai tipe A Tanjung Balai Karimun.

Operasi patroli laut Bea dan Cukai secara sinergis ini juga merupakan langkah antisipasi untuk peningkatan kewaspadaan pengawasan laut sebagai efek di gencarkannya Penertiban Import Beresiko Tinggi (PIBT) di pelabuhan utama.
“Patko Kastima ini merupakan bukti eratnya hubungan bilateral dalam bidang kepabeanan dan cukai yang telah terbangun sejak tahun 1994,”kata Heru
“Operasi kali ini adalah merupakan operasi terkoordinasi antara bea cukai Indonesia dan bea cukai Malaysia yang ke 23,”ucapnya.
“Operasi melibatkan dua negara serumpun sangat penting,dan strategis terutama bagi kondisi geografis selat melaka yang merupakan salah satu jalur Indonesia dan Malaysia,guna mengamankan selat melaka dan tindakan ilegal yang merugikan kedua negara,”terangnya.
Untuk mendukung operasi ini,Kastam Diraja Malaysia megerahkan 9 kapal patroli,Bea dan Cukai Indonesia mengerahkan 10 kapal patroli yang terdiri dari 4 speed boat,5 fast patrol 28meter,dan 1 fast patrol boat 60meter.
Di wilayah Indonesia kapal-kapal tersebut akan beroperasi di 5 sektor,mulai dari perairan Kuala Langsa,Belawan,Tanjung Balai Asahan,Tanjung Sinaboy,Tanjung Parit hingga ke Batam. Adapun wilayah Malaysia sektor operasi di mulai dari perairan Langkawi,Pulau Penang,Lumut,Pelabuhan Klang,Port Dickson,Muar hingga Sungai Pulai.
Patkor Kastima Bea dan Cukai juga berupaya untuk meningkatkan sinergi koordinasi dengan semua pihak yang mempunyai kewenangan penegakkan hukum di laut antara lain TNI Polri,Bakamla,Kementrian Kelautan dan Perikanan,Kementrian Perhubungan dan lembaga lainnya.

(And Yan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *