Bapeda Bintan Gelar Koordinasi dan Fasilitasi Penyusunan Profile Desa se-Bintan

Wakil-Bupati-Bintan-sedang-memberikan-kata-sambutan

Wakil Bupati Bintan Drs. Khazalik memberikan kata sambutan

BINTAN, Kepritoday.com – Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Bintan mengelar kegiatan koordinasi dan fasilitasi penyusunan profil desa kelurahan se-Kabupaten Bintan di Sahid Hotel, Senin (8/9). Wakil Bupati Bintan, Khazalik tampak hadir untuk membuka kegiatan tersebut.

Kegiatan yang diikuti oleh 61 perwakilan dari desa dan kelurahan se-Bintan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparatur desa dalam merancang dan menyusun profil desa. Wakil Bupati Bintan, Khazalik mengatakan bahwa profile desa sangat penting untuk menjadi acuan dalam proses pembangunan di desa dan kelurahan. “Perlu perencanaan yang matang dalam membuat progres pembangunan desa. Oleh sebab itu kemampuan dalam membuat profil atau monografi desa mutlak dilakukan,” ujarnya.

Ia juga meminta agar dalam menyusun rencana program pembangunan desa tidak didasarkan pada buka Kabupaten dalam angka yang biasanya diterbitkan setiap tahun. Hal ini karena data didalam “Kabupaten Dalam Angka” sudah telat satu tahun.

“Jika rujukannya Kabupaten Dalam Angka, maka data tersebut sudah telat satu tahun, sehingga datanya sudah tidak valid lagi, karena dalam satu tahun banyak perubahan-perubahan yang terjadi,” ujarnya.

Khazalik juga meminta kedepan data profil desa dapat diakses dimana saja dan kapanpun dengan bantuan teknologi. “Kedepan profile desa dapat diupload ke internet sehingga dapat diakses oleh siapa saja, sehingga masyarakat dapat mengetahui kelebihan dan keunggulan desa,” ujar Khazalik.

Sedangkan Kepala Bapeda Bintan, Sutiyoso, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan akan dilaksanakan selama 2 hari. Dimana peserta terdiri dari 36 utusan desa dan 15 dari utusan kelurahan. (edison/hum)