ANRI Serahkan Buku Citra Kota Tanjungpinang Kepada Walikota

LNKY8132-763162

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Terima Buku Citra Kota Tanjungpinang Dalam Arsip, Yang diserahkan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Kota Tanjungpinang pada Rabu (2/12) kedatangan tamu spesial, yaitu Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan. Kedatangannya adalah dalam rangka penyerahan Buku Citra Kota Tanjungpinang Dalam Arsip, bertempat di Aula Bulang Linggi Badan Perpustakaan, Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, turut hadir dalam penyambutan kedatangan Kepala ANRI, didampingi segenap Kepala SKPD di lingkungan Kota Tanjungpinang, serta para pejabat Tata Usaha setiap SKPD yang khusus diundang untuk menghadiri acara itu.

Kepala ANRI, Mustari Irawan, dalam sambutannya menyarankan agar Kota Tanjungpinang, dalam hal ini, Wali Kota Tanjungpinang, melalui SKPD yang menangani kearsipan, agar membangun depo kearsipan, yang dipergunakan untuk menyimpan berbagai arsip, mulai dari arsip statis dan juga arsip dinamis.

” Depo kearsipan ini penting karena, Kota Tanjungpinang memiliki kekayaan kearifan lokal. Dan semua itu harus didokumentasikan untuk menjadi identitas dan juga karakter Kota Tanjungpinang.” Ujar Mustari.

Dijelaskan Mustari, dengan adanya data kearsipan, seluruh kearifan lokal, baik yang bersifat kesenian maupun catatan sejarah dapat tersimpan dengan baik. Itu akan menjadi bukti dan data yang faktual, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selain itu, tidak akan ada alasan dari negara lain untuk mengklaim kekayaan lokal daerah kita. Ini sangat penting karena arsip dinamis menjadi penting ketika terjadi pemeriksaan, baik oleh BPK maupun KPK. Karena itu alat bukti yang sah,” Lanjutnya.

Untuk itu ia meminta seluruh SKPD mulai memperlakukan arsip dengan baik, untuk memperiudah pemeriksaan. “Arsip tersebut tidak boleh hilang. Jika hilang, bisa dikenai sanksi pidana,” Pinta Mustari.

Menanggapi sambutan dari Kepala ANRI, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan, rencana pembangunan depo kearsipan sebenarnya sudah diwacanakan sejak lama. Hanya saja, Pemko Tanjungpinang harus memikirkan berbagai pembangunan prioritas, seperti pembangunan puskesmas, kantor camat, kantor lurah dan pembangunan untuk pelayanan masyarakat lainnya. Juga mengingat tahun ini Pemerintah Kota Tanjungpinang mengalami defisit anggaran.

” Saat ini kami memang memprioritaskan hal lain. Tapi sudah disampaikan ke Badan Perpustakaan dan Arsip supaya menginventarisasi lahan untuk pembangunan Depo. Untuk anggarannya, nanti akan difikirkan lagi, bisa kita usahakan melalui APBD ataupun APBN.” Ujar Lis.

Masih menurut Lis, sejak dua tahun terakhir tata kelola kearsipan di Kota Tanjungpinang sudah mengalami perbaikan. (red/hum)