'

Ajang Tahunan Dragon Boat Race Tanjungpinang Pindah Lokasi

jembatan sei carangTANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Dragon Boat Race yang digelar setiap tahunnya di Tanjungpinang, diangkat dari ritual sembahyang keselamatan laut, hal itu sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Dalam sembahyang itu mereka menggelar acara lomba perahu naga. Tapi, ada yang beda pada Event Dragon Boat Race (DBR) Tahun 2014 ini, karena kegiatan perlombaan DBR yang biasanya dilaksanakan diperairan Ocean Corner tepi laut, tepatnya didepan Gedung Daerah Tanjungpinang, namun Tahun ini, perlombaan Dragon Boat Race dipusatkan di Sungai Carang.

Event Dragon Boat Race (DBR) yang digelar Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Kota Tanjungpinang ini, dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 24-26 Oktober 2014. Dragon Boat Race Tanjungpinang diikuti oleh 30 peserta, dan beberapa tim diantaranya merupakan tim dari luar negeri. Untuk Tim DBR dari Luar Negeri Terdiri dari,Tim Malaysia 3 Tim, Singapura hanya satu Tim, dan peserta lainnya terdiri dari Tim Dalam Negeri. Selanjutnya, pertandingan akan dilaksanakan dengan jarak tempuh 500 meter dan hanya sekali jalan.

Maksud dan tujuan diadakan lomba Dragon Boat Race ini, adalah untuk melestarikan visi Budaya Bahari Tanjungpinang. Sedangkan tujuannya sebagai sarana pariwisata kota Tanjungpinang, sebagai sarana budaya, sebagai sarana silaturrahim masyarakat Tanjungpinang dan tim dari luar, sebagai sarana pembinaan dan budaya kota Tanjungpinang, dan sebagai sarana menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata-pariwisata dan peninggalan sejarah yang ada di Sungai Carang. Untuk para pemenang event ini menyediakan hadiah dan uang juta rupiah. Selain itu panitia juga menyediakan piala dan sertifikat. Untuk memajukan pariwisata Tanjungpinang sehingga terbentuk daya tarik pendukung dan pencapaian target pariwisata. Dan salah satu yang ditingkatkan dan dikembangkan di Tanjungpinang adalah wisata Sungai Carang. (djo)

Top