Acara Pengantar Tugas H. TS Arif Fadillah ke Provinsi Kepri

epindah

Malam Acara Pengantar Tugas Dr. HTS Arif Fadillah, S.Sos, MSi

KARIMUN, Kepritoday.com – Tangis itu lepas juga. Di ujung bait pantun mengucapkan terima kasih, suara H TS Arif Fadillah, tercekat. Menahan sebak. Tergerak tangannya menghentikan aliran air yang keluar, yang hendak mengambarkan keharuan malam itu.

Walaupun mengaku perjalanan karirnya seperti air mengalir, tapi air mata Arif seolah menjelaskan keharuannya dilepas sahabat dan kerabat di Karimun selama ini. Termasuk istrinya, Hj Rismarini, yang mendampingi Arif di panggung Gedung Nasional, Tanjung Balai, Karimun. Senin, (14/11).

Tapi sebelum rasa sebak itu memuncak, Arif Fadillah sempat bersenda. “Siapa tahu lima tahun lagi saya balek Karimun.” Derai tawa ratusan orang yang hadir pada malam acara Pengantar Tugas Dr HTS Arif Fadillah, S.Sos, MSi yang berpindah ke Provinsi Kepri pecah juga. Termasuk Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Arif memang sudah lebih satu purnama menjalankan tugas sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Dia dilantik pada 10 Oktober 2016. Sebelumnya, Arif merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun. Dalam perjalanan hampir satu purnama itu, sejumlah peraturan daerah terselesaikan berkat kerjasama dengan rekan kerja di Pemprov dan DPRD Kepri.

Arif menegaskan, perjalanan karirnya sebagai Aparatur Sipil Negara hingga menjadi Pejabat Tinggi Madya semua kehendak Yang Maha Kuasa. Teman dan sahabat, selalu mendorong dirinya untuk melakukan tahapan demi tahapan proses seleksi Sekdaprov Kepri.

“Waktu itu mau ikut assessment masih ragu. Makanya termasuk daftar paling akhir. Teman-teman semua mendoakan dan mendorong. Akhirnya, perjalanan itu menjadi kehendak Allah,” kata Arif.

Perjalanan karirnya di Karimun, kata Arif, memang banyak membantu dia dalam mendapatkan pengalaman. Dia pun berterima kasih kepada Aunur Rafiq, Bupati Karimun saat ini, yang disebutnya sebagai sahabat dalam bekerja.

Sejak Rafiq menjadi wakil Nurdin Basirun selama 10 tahun menakhodai Karimun, Arif memang selalu ditempatkan di perangkat kerja yang cukup strategis.

“Pak Nurdin dan Pak Rafiq selalu memberi saya kepercayaan di tempat-tempat yang strategis,” kata ayah lima anak ini.

Arif mengaku, di Pemprov Kepri, dia bekerja tiga kali lipat lebih dari Karimun. Jika sedang di Istana Kota Piring, Dompak, paling cepat setelah isya baru menjejakkan kaki ke kediaman.

Arif memang berharap dukungan, doa dan kerja sama seluruh lapisan masyarakat Kepri agar amanah yang diberikannya kepadanya bisa dilaksanakan dengan baik.

“Niat kami ingin membantu. Ingin terlibat dalam mensejahterakan masyarakat Kepri,” kata Alumni SMA Negeri 1 Karimun ini.

Bupati Aunur Rafiq yakin Arif mampu mengemban amanah ini. Apalagi dengan pengalaman jabatannya selama ini. Tapi Rafiq tetap mengingatkan Arif akan terpaan angin ketika berada di ketinggian-ketinggian.

“Semoga amanah ini dapat dijalani dengan baik. Semakin tinggi sebatang pohon semakin kuat angin yang menerpa,” demikian ilustrasi Rafiq.

Rafiq mengaku sebenarnya berat untuk melepas. Tapi dia yakin Provinsi Kepri lebih membutuhkan. Hal ini diyakini Rafiq akan mempermudah dirinya berkomunikasi, berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri.

Termasuk mengkomunikasikan kembali senda gurau Arif tentang kembali ke Karimun. “Berunding sajalah, siapa tahu saya pensiunnya di Pemprov Kepri.” Kali ini tawa Arif yang pecah bersama ratusan orang yang hadir malam itu. (Red/Hm)