95 Persen Berkas CPNS Lolos Verifikasi

Wakil-Bupati-Tinjau-Pendaftaran-CPNS-300x198

Wakil Bupati Bintan, Drs. Khazalik Tinjau Pendaftaran CPNS 2014

BINTAN, Kepritoday.com – Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bintan telah menerima sekitar 1390 berkas dari pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014. Berkas para pelamar CPNS yang sudah masuk di BKD lagsung di verifikasi kelengkapan datanya.

Sekretaris BKD Euis Sumartini menuturkan, sejak pendaftaran CPNS mulai dibuka beberapa waktu yang lalu. BKD kata Euis, telah menerima berkas dari pelamar CPNS sekitar 1390 lebih hingga Rabu (1/10) kemarin.

Angka tersebut kata Euis, baru sekitar 50 persen saja dari pendaftar yang telah mendaftar secara online di website resmi. “Pendaftar yang telah mendaftar secara online sekitar 3536 CPNS, sedangkan berkas yang baru kami terima sekitar 1390 saja,” katanya, Rabu (1/10).

Kendati demikian lanjut Euis, berkas yang sudah masuk telah kita terima dan langsung kita verifikasi kelengkapan datanya. Sebelumnya kata dia, berkas yang sudah masuk dientri terlebih dahulu baru kita verifikasi melalui program SSCN.

Sejauh ini, Euis menambahkan, berkas CPNS yang sudah masuk dan selesai verifikasi hampir secara keseluruhan tidak ada yang tidak lengkap. Sekitar 95 persen berkas CPNS semuanya lolos verifikasi kelengkapan datanya yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan dari formasi calon pelamar.

Namun demikian, bagi yang tidak lengkap datanya saat diverifikasi. Euis mengatakan, pihaknya akan menghubungi nomor telpon maupu email si pelamar untuk dihubungi agar dapat melengkapi kekuragan data maupun syarat yang diperlukan.

“Bagi yang datanya tidak lengkap saat proses verifikasi data yag dilakukan secara maual oleh seluruh petugas BKD Bintan. Kita akan menghubungi nomor telpon pelamar, dan meminta untuk segera melengkapi kekurangan data tersebut,” ungkap euis.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Administrasi dan Mutasi BKD sebagai panitia teknis kegiatan penerimaan CPNS di Bintan Hasis menuturkan, sejauh ini berkas data CPNS yang masuk di BKD sudah lumayan banyak. Namun peningkatan pengataran berkas dari pelamar terjadi sejak Selasa (30/9) kemarin.

Angka tersebut akan terus meningkat, mengingat pendaftar secara online juga banyak dan mungkin akan terus meningkat. hingga menjelang penutupan pendaftaran yang jatuh tempo pada tanggal 7 Oktober mendatang.

Menurutnya, berkas yang masuk ke BKD segera langsung diverifikasi oleh seluruh pegawai di BKD. Sehingga lanjutnya, tidak ada penumpukan berkas dan saat diverifikasi ternyata ada berkas yang datanya belum lengkap bisa segera dilengkapi.

“Ini memang kita lakukan, agar berkas pelamar CPNS yang belum lengkap agar bisa dilengkapi dengan menghubungi nomor yang dicantumkan si pelamar. Sejauh ini sih kebanyakan yang kurang lengkap itu hanya surat pernyataan saja,” ujar Hasis.

Sementara “berkas yang belum lengkap sangat minim sekali. Artinya para pelamar sudah tahu semua syarat apa saja yang diminta,” ungkapnya lagi menambahkan.

Selain itu juga, Hasis menambahkan, dengan penerimaan CPNS tahun ini yang menggunakan sistem online ini. Panitia di daerah kata dia, sangat dimudahkan sekali karena hanya menerima dan memverifikasi saja berkas yang masuk.

Namun hal ini memang sedikit memberi kesulitan bagi para pelamar, karena memang kebanyakan menemukan kesulitan saat pendaftaran secara onlinenya. Namun untuk itu lanjutnya, para pelamar dapat menghubungi kontak kami yang ada dalam website tersebut.

Sehingga para pelamar yang sulit melamar secara online karena permasalan Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak perlu ke Kantor Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil). Karena permasalahan tersebut cukup menghubungi kontak kami saja yang ada di website resmi.

“Dengan sistem oline ini, kita panitia penerimaan CPNS di daerah sangat dimudahkan sekali dalam menyelenggarakan pelaksanaan penerimaan CPNS,” imbuhnya. (djo/hum)

Top