321 Calon Bintara dan 33 Calon Taruna AAL Panda Tanjungpinang Siap Bersaing

Danlantamal IV Tanjung Pinang, Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno, saat memberikan arahan kepada calon taruna AAL tahun 2017 di Mako Lantamal IV

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno,S.E,M.M.sebagai ketua Panda Panitia Daerah Tanjungpinang  memberikan pengarahan kepada calon Taruna AAL Akademi Angkatan Laut dan Bintara TNI AL tahun 2017 di Mako Lantamal IV Tanjungpinang (Jumat 12/5).

Menurut Danlantamal IV Kolonel Laut (P) R. Eko Suyatno,S.E,M.M. mengatakan bahwa TNI AL dalam rekrutmen calon-calon prajurit Taruna maupun Bintara TNI AL yang unggul, tentunya semuanya akan melewati tahapan seleksi atau standar yang dipersyaratkan oleh TNI AL.

Untuk itu Danlantamal IV berpesan “agar para calon Taruna dan Bintara TNI AL menyiapkan diri sebaik-baiknya, karena proses seleksi calon diperlakukan sama transparan dan obyektif karena kita akan mencari calon prajurit TNI AL terbaik diantara yang baik”.

Dikatakan pula bahwa beberapa item-item tes yang akan dilalui calon prajurit meliputi Pemeriksaan Administrasi, Pemeriksaan Kesehatan I dan II,Samapta,Phisikologi I dan II,Mental idiologi, Rikmin tahap akhir dan Pantukhir daerah, dan bila calon dinyatakan lulus seleksi daerah selanjutnya akan dikirim ke Malang Jawa Timur untuk mengikuti seleksi tingkat pusat.

Diingatkan selama pelaksanaan seleksi para calon tidak dipungut biaya apapun dan bagi calon prajurit yang berdomisili di luar wilayah Tanjungpinang atau berasal dari pulau-pulau wilayah Kepri pihak Panitia Daerah Lantamal IV menyiapkan tempat tinggal Messing bagi para calon prajurit secara gratis selama melaksanakan seleksi.

Suyatno juga mengingatkan bahwa para calon selama melaksanakan seleksi agar jangan mudah terpengaruh ataupun diiming-imingi oleh siapapun orangnya untuk “membantu kelulusan” abaikan saja dan bila menemukan laporkan kepada saya sebagai ketua Panda Daerah Tanjungpinang, sebab lulus tidaknya kalian terpulang kepada diri dan usaha kalian sendiri.

Untuk penerimaan calon Taruna dan Bintara TNI AL tahun 2017 kali ini, Taruna 33 orang sedangkan Bintara 321 orang, dari catatan prosentase animo pemuda-pemuda Kepri mengalami peningkatan hal ini mengindikasikan bahwa minat putra daerah kepri setiap tahun mengalami peningkatan.

Menyinggung tentang keterwakilan putra daerah Kepri saat ini beberapa calon yang mendaftar mempunyai prestasi nasional dan internasional dibidang olahraga seperti Menembak, Karate, Silat, Dayung dan Sepak Takraw, namun pihak panitia tetap mempunyai standar yang dipersyaratkan oleh TNI AL hal tersebut merupakan salah satu bahan pertimbangan.”kata Suyatno. (RZA).