26 Kube Perempuan Diakhir Tahun 2014 Terima Bantuan

IMG_4247

Walikota Tanjungpinang Menyerahkan Bantuan Kepada KUBE Perempuan se-Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Dipenghujung tahun 2014, KUBE perempuan se-Kota Tanjungpinang mendapat bingkisan manis dari Pemerintah Kota Tanjungpinang berupa penyerahan bantuan modal usaha untuk 26 KUBE yang ada di Kota Tanjungpinang.

penyerahan tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, Rabu (24/12), di aula Kantor Dinsos. Kegiatan ini sendiri digelar oleh Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kota Tanjungpinang dibawah kepemimpinan Ahmad Yani.

Dari ke-26 KUBE tersebut, masing-masing KUBE mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp. 20 juta sehingga total bantuan yang diserahkan sebesar Rp. 520 juta yang bersumber dari APBD Kota Tanjungpinang tahun 2014. Di Kota Tanjungpinang sendiri, masing-masing kecamatan memiliki jumlah KUBE yang berbeda.

Di Kecamatan Bukit Bestari ada 8 KUBE, Kecamatan Tanjungpinang Barat 4 KUBE, Kecamatan Tanjungpinang Timur 9 KUBE, dan Kecamatan Tanjungpinang Kota ada 5 KUBE.

Pemberian modal usaha untuk KUBE perempuan ini, dikatakan oleh ahmad Yani, adalah sebagai salah satu usaha pemerintah dalam membantu perekonomian masyarakat, khususnya perempuan dalam menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Masing-masing KUBE sendiri terdiri dari 10 orang anggota yang wajib menggunakan dana tersebut sebagai modal usaha kelompok, bukan untuk dibagi perorangan.

Lis juga menegaskan kepada penerima KUBE, bahwa bantuan tersebut seharusnya dimanfaatkan untuk membuka usaha kelompok, yang penggunaannya akan terus dipantau oleh BP3AKB. “Semua anggota kelompok wajib berkumpul dan membahas usaha apa yang akan dikembangkan. Jangan segan meminta bantuan dari dinas terkait seperti Disperindag, Dinsos, dan bahkan BP3AKB sendiri. Pemerintah siap membantu.” Tegas Lis.

Lebih lanjut dikatakan Lis, jika usaha yang dikembangkan oleh KUBE berhasil, maka pemerintah akan terus memberikan bantuan yang lebih besar lagi untuk mengembangkan KUBE tersebut. “Tahun depan Pemko punya banyak kegiatan pelatihan. Jangan mau ketinggalan, ikuti semua pelatihan untuk mendapatkan keterampilan.” Katanya.

Lis juga menghimbau kepada seluruh SKPD agar menggunakan jasa KUBE dalam pemenuhan kebutuhan penunjang kegiatan SKPD. Seperti misalnya catering atau kue-kue untuk rapat dan lain sebagainya. “Kalau saja setiap dinas yang akan mengadakan rapat bisa menggunakan jasa KUBE, maka tidak perlu lagi memesan makanan dari restoran atau toko kue besar. KUBE kita pasti juga tak kalah kreatif.” Katanya lagi. (aryo)

Top